Ma’mun Minta Aset Daerah Dikelola Dengan Baik

Suasana pelaksanaan RMAD di Hotel Santika Luwuk, Rabu (06/10). [Foto: Humas Pemda Banggai]

LUWUK, LUWUK POST-Bupati Banggai Amirudin Tamoreka mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Banggai terus memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan-kegiatan yang positif.

Karena menurutnya mempersatukan kebersamaan tanpa perbedaan dalam membagun komitmen kebangsaan yang kuat, penting dilakukan, guna mensukseskan dan mendorong pelaksanaan pembangunan daerah, sekaligus menjadi wahana membentuk masyarakat yang demokratis, sebagai konsekuensi logis dalam menghadapi segala perubahan. “Olehnya itu, harapan saya kepada kita sekalian, agar dapat megikuti dengan cermat, dan saksama, hal-hal penting yang akan di sampaikan oleh bapak wakil gubernur, tuturnya dalam pembukaan Rekonsiliasi Mutasi Aset Daerah (RMAD) Provinsi Sulteng Semester I Tahun Anggaran 2021, di Hotel Santika Luwuk, Rabu (06/10).

Wakil Gubernur Ma’mun Amir yang turut hadir dan membuka kegiatan tersebut, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Banggai atas kesediaannya selaku tuan rumah, sehingga kegiatan tersebut dapat diselenggarakan di Kabupaten Banggai.

Kegiatan rekonsiliasi ini menjadi sangat penting sehubungan dengan pelaksanaan peraturan perundang-undangan mengenai pengelolaan barang milik daerah yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 2014 tentang pengelolaan barang milik negara atau daerah sebagai pemerintah.

Bagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2020 dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah yang mana terdapat hal-hal mendasar mengenai pendapatan dan pengelolaan barang milik daerah secara keseluruhan. “Pelaksanaan program manajemen dan penertiban aset merupakan bagian dari program studi yang dilakukan secara sistematis dengan ruang lingkup Nasional oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” terangnya.

Sambungnya, penertiban aset di pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah sebagai bagian dari penyelamatan keuangan negara. Untuk itu, Wagub menekankan kepada seluruh kepala OPD-OPD , agar lebih serius dan berperan aktif dalam upaya penertiban pengelolaan terutama penertiban bukti kepemilikan tanah dalam waktu yang tidak terlalu lama terlebih pemerintah provinsi.
“Pemerintah Provinsi sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan bagi seluruh kasubag keuangan dan Aset pengurus barang pembantu pengurus barang dan seluruh operator yang selama ini telah bekerja keras dalam menyajikan laporan barang yang akurat dan yang disajikan dalam laporan keuangan tahun anggaran 2021 sehingga berperan besar dalam prestasi pemerintah provinsi Sulawesi Tengah dalam meraih opini wajar tanpa pengecualian.” tutup Wagub. (*/gom)