Koperasi di Kabupaten Banggai Tumbuh Subur. Total 183 Koperasi yang Beroprasi

Suasana pelatihan penyusunan laporan keuangan bagi pengurus Koperasi, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Swisbellin Luwuk, Rabu (13/10). [Foto: Istimewa]

LUWUK, LUWUK POST-Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Banggai Ernaini Mustatim, mengaku, saat ini jumlah Koperasi atau KUD yang tersebar berjumlah 183. Dan yang aktif dengan jumlah anggota sebanyak 28.501.

“Hal ini menunjukan bahwa perkembangan perkoperasian di Kabupaten Banggai sudah sangat mebanggakan” terangnya, dalam pelatihan penyusunan laporan keuangan bagi pengurus Koperasi, yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Swisbellin Luwuk, Rabu (13/10).
Selain itu menurtunya, masih terdapat jumlah koperasi atau KUD yang pengelolaan administrasi keuangannya masih sangat jauh dari yang diharapkan, terutama dari pengurus atau pengelola Koperasi yang baru dibentuk.

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka, yang diwakili Sekda Abdullah mengatakan, tujuan atau kepentingan koperasi terhadap laporan keuangan Koperasi adalah untuk menilai pertanggung jawaban pengurus, melalui kondisi keuangan koperasi dan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kebijakan koperasi kedepannya.

“Menyusun laporan keuangan merupakan salah satu tugas pengurus yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian pasal 30 bahwa pengurus harus menyusun laporan keuangan yang akan dipertanggung jawabkan pelaksanaan tugas pada rapat anggota tahunan, sebagai mana yang akan dijelaskan oleh pemateri sebentar nanti” jelasnya.(*/gom)