BPJB Tingkatkan Pelayanan Melalui SIMPEL

LUWUK, SULTIMNEWS.INFO- Guna meningkatkan sistem pelayanan publik. Sekretariat Daerah Kabupaten Banggai, melalui bagian pengadaan barang dan jasa (BPJB), diakhir tahun ini akan melakukan program inovasi sistem pelayanan informasi (SIMPEL) BPJB yang berbasis elektronic.
Kepala Bagian BPJB, I Dewa Supratiagama mengatakan, untuk meningkatkan pelayanan publik saat ini, pihaknya telah melakukan uji coba dalam hal sistem pelayanan elektronic.
“Kalau kemarin registrasinya menggunakan sistem secara manual, saat ini telah melakukan sistem pelayanan dengan menggunakan registrasi melalui komputer, yakni sistem informasi pelayanan (SIMPEL) BPJB”ujar dia. Jumat (5/11) pekan lalu.
Sambung dia, sehingganya bagi penyedia maupaun teman-teman yang ingin menikmati sistem pelayanan itu, tidak lagi mengisi registrasi dengan menulis secara manual.
“Jadi dengan menggunakan sistem pelayanan informasi terebut, teman-teman tak perlu lagi mengisi buku tamu, namun registrasi melalui komputer dengan mengisi biodata pribadi hingga mengisi maksud dan tujuannya,” tandasnya.
Terkait pelayanan SIMPEL ini, kata dia, nantinya akan mengakomodir dalam tiga hal yakni pertama mengenai pelayanan registrasi, melalui SIMPEL juga pihaknya akan berinteraksi atau mencoba melakukan konsultasinya dengan cara online.
Meskipun demikian, Dewa Supratiagama mengaku inovasi tersebut masih terkendala di hosting, sehingganya akses untuk menggunakan hosting dari luar belum dapat diakses.
“Tapi jika hostingnya sudah bisa digunakan dari luar, teman-teman bisa langsung menikmatinya, kemudian juga jika nanti ada permasalahan, kami bisa langsung menanggapinnya melalui sistem tersebut,” imbuhnya.
tak hanya itu, sistem tersebut dapat digunakan bagi pengguna untuk memberikan penilaian terhadap pihaknya. Dan menariknya, SIMPEL juga bisa digunakan dengan menggunakan Hp Android.
“Artinya kami mencoba untuk mendigitalisasi proses sampai pelayanan ke dalam bentuk aplikasi,”ucapnya.
Harapannya, sistem SIMPEL tersebut, bisa paripurna satu atau dua bulan kedepan, diketahui, bahwa SIMPEL ini sudah berjalan dari tanggal 2 november 2021. (dat)