Ketua DPRD Banggai Reses di Kecamatan Toili

Ketua DPRD Banggai, Suprapto N dari Partai PDIP saat melakukan Reses di Desa Tirtasari Kecamatan Toili, Selasa (31/1/2023). [Foto : Humas Polres Banggai]

Sultimnews.info, Toili — Memanfaatkan masa reses Anggota Legislatif, Ketua DPRD Banggai, Suprapto Ngatimin melaksanakan penyerapan aspirasi masyarakat Desa Tirtasari, Kecamatan Toili pada Selasa (31/1/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka penetapan Raperda tentang APBD tahun Anggaran 2024, bertempat di balai pertemuan Desa Tirtasari.

Puluhan masyarakat hadir dan menyampaikan aspirasi mereka kepada anggota dewan dengan harapan agar diperjuangkan untuk segera ditindaklanjuti dan direalisasikan.

Kepada Luwuk Post, Ketua DPRD mengungkapkan bahwa dalam kesempatan itu ada beberapa poin permasalahan yang disampaikan masyarakat, diantaranya, yakni pertama, saat musim penghujan terjadi luapan air yg menggenangi area pemukiman warga di 4 desa, meliputi Desa Tirtasari, Tirtajaya, Tirtakencana dan Mulyasari.

Kemudian, Terjadi genangan di ruas jalan raya. Dan Jalan usaha tani fungsinya belum optimal serta menyulitkan petani membawa hasil panen.

Terakhir, Seringnya terjadinya bencana kebakaran rumah warga.

Terkait hal itu, Ketua DPRD menegaskan akan segera berkoordinasi dengan stakeholder untuk segera menyelesaikan permasalahan tersebut.

Suprapto menyebutkan, diantara penyelesaian permasalahan banjir, melalui Lembaga Legislatif akan mendorong menjadi isu kecamatan guna mengkoordinasikan dengan desa-desa yang terdampak dengan Pihak Pemda/Bappeda litbang/OPD terkait untuk perencanaan sampai tahap penganggaran pembangun kanalisasi dan sistem drainase lintas desa.

Kemudian, mengenai genangan air di ruas jalan maka akan mendorong OPD terkait membangun sistem drainase dan saluran pembuangan.

Ketiga, untuk jalan usaha tani, Ketua DPRD Banggai melalui kelembagaan akan meminta Dinas TPHP untuk membangun JUT sesuai prioritas kelompok.

“Terkait intensitas kebakaran yg sering terjadi agar Pemda segera mengadakan mobil damkar yang akan di tempatkan di Wilayah Kecamatan Toili,” tutupnya.

Turut hadir menghadiri giat yang dilakukan Ketua DPRD Banggai Suprapto di wilayah binaanya yakni Bhabinkamtibmas Polsek Toili Polres Banggai, Aiptu Sugiyarso, SH. (*/Mjd)