Kantor Imigrasi Banggai : Selama Periode 2022 Pengurusan Paspor Naik 300 Persen

Natalia Marbun, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai

Sultimnews.info, Luwuk — Selama periode 2022, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai mencatatkan peningkatan pengurusan paspor.

Hal itu diungkapkan Natalia Marbun selaku Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian yang menyebutkan bahwa peningkatan pengurusan paspor terbanyak pada jamaah haji dan umroh tahun ini.

Bahkan, Natalia yang ditemui pewarta di ruang kantornya di kompleks Halimun ini menjelaskan bahwa presentase kenaikan mencapai beberapa kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu hampir mencapai 300 persen.

“Kenaikan dalam pengurusan paspor terjadi saat pemerintah pusat mencabut pemberlakuan PPKM,” tandasnya pada Jumat (10/2).

“Nah disitulah lonjakan cukup tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya saat Indonesia dilanda pandemi covid19 selama Dua tahun terakhir.”

Lanjut, di Kabupaten Banggai sendiri, paling tertinggi pengurus paspor umroh dan haji, sedang untuk liburan holiday keluar negeri sangat kurang.

Masih dalam kesempatan itu, Natalia juga memberikan informasi bahwa Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Banggai juga turut mengawasi dan membuka pelayanan Keimigrasian dibeberapa kabupaten tetangga yakni, Kabupaten Tojo Una-una, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Morowali dan Morowali Utara.

“Hanya saja khusus wilayah Morowali dan Morowali Utara kita memiliki cabang pembantu agar tidak lagi kota Luwuk Banggai.”

“Dan kantor kami (Imigrasi) juga memiliki Aplikasi M-PASPOR. Yang dapat diunduh dan dapat digunakan untuk mendaftar paspor melalui internet.

Dengan Aplikasi M-Paspor tambah Natalia, dapat memudahkan masyarakat dalam pengurusan paspor, sehingga tidak perlu lagi datang ke kantor.

“Selain itu juga dapat berkomunikasi melalui WhatsApp resmi kami, yang nantinya dibantu oleh staf kami,”tutupnya. (Tr-10)