Demi Kondusifitas Daerah, Suprapto Siap Kawal Aspirasi Warga Desa Sinorang

BATUI SELATAN, LUWUK POST — Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Suprapto N melakukan kunjungan di Desa Sinorang, Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai pada Kamis (21/9/2023).

Kunjungan dialogis tersebut dilakukan Ketua DPRD Banggai dalam rangka menjalin komunikasi untuk menyerap aspirasi masyarakat di Desa Sinorang.

Sebelumnya, Warga Desa Sinorang melakukan aksi protes dan pemalangan jalan ruas jalan Gori-gori Sinorang atas kerusakan jalan ruas sepanjang kurang lebih 3,5 kilometer yang telah berlangsung 11 Tahun sejak 2012.

Penutupan jalan terjadi sejak Selasa, 19 September 2023.

Sebagai Pimpinan Lembaga Legislatif, Suprapto merasa turut bertanggungjawab atas kondusifitas daerah.

“Ada hal yang sangat memiriskan di sini, sebagaimana kita ketahui Desa Sinorang merupakan Desa yang wilayahnya menjadi bagian eksplorasi migas dan berkontribusi besar bagi sumber pendapatan daerah,” tutur Prapto sapaan Ketua DPRD Banggai,

“Bahkan setiap hari aktifitas kendaraan perusahaan dominan menggunakan jalan ini dan ironinya warga masyarakat harus menghirup butiran debu yang berhamburan serta batu pecah dan resiko bahaya setiap ada kendaraan yang lewat,” tambahnya.

Dalam dialog bersama masyarakat Desa Sinorang tersebut, Suprpato membicarakan sejumlah pokok aspirasi masyarakat setempat, diantaranya yakni pengaspalan jalan Desa Sinorang.

Selain itu, Kades dan masyarakat juga mengeluhkan persoalan lainnya yakni, tentang masih banyaknya warga setempat yang belum mendapatkan lapangan kerja, rumah tidak layak huni, serta perlunya bantuan MCK bagi warga kurang mampu.

Kemudian belum tersentuhnya bantuan beasiswa bagi warga kurang mampu berprestasi.

“Kita ingin memastikan hak-hak masyarakat Desa Sinorang yang menjadi bagian aktivitas perusahaan yang beroperasi terakomodir secara konstitusi,” tegasnya.

Dalam poin pembicaraan tersebut, Prapto menyebutkan bahwa ada alokasi Dana Bagi Hasil (DBH) dan program Tanggungjawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TSLP) atau Corporate sosial responbility (CSR) dari perusahaan yang bisa di manfaatkan untuk pembangunan jalan yang kurang lebih sepanjang 3,5 kilometer ini.

“Oleh karena itu kita akan duduk bersama dengan pihak-pihak yang terkait untuk mencari solusi terbaik, yang tentunya tetap berkomitmen untuk mewujudkan aspirasi masyarakat setempat” tandasnya.

Prapto melanjutkan, bahwa menindaklanjuti hal tersebut secepatnya akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Desa Sinorang serta Pemerintah Kabupaten Banggai.

Masih di tempat yang sama, Kepala Desa Sinorang mewakili masyarakat setempat menghaturkan ucapan terima kasih atas kunjungan Ketua DPRD Banggai.

“Mewakili masyarakat saya mengucapkan terima ksih atas kunjungan Ketua DPRD Banggai di Desa Sinorang,” tandas Kades Sinorang. (Mjd)