Dinkes Banggai Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Penyakit Menular dan Tidak Menular

Tim Dinkes Banggai saat giat sosialisasi pencegahan penyakit menular dan tidak menular di Desa Tontouan, Kecamatan Luwuk. Selasa (19/9/2023). [Foto : Istimewa]

LUWUK, SULTIMNEWS – Dinas Kesehatan Banggai melaksanakan sosialisasi pencegahan penyakit menular dan tidak menular di Desa Tontouan, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai pada Selasa, 19 September 2023.
Pada giat tersebut, Dinkes Banggai menerjunkan Tim untuk turun langsung ke masyarakat menyampaikan pemahaman tentang kiat-kiat pencegahan penyakit menular dan tidak menular.
Selain menyampaikan informasi tentang kondisi curah hujan di Banggai sangat tinggi sehingga berpotensi menyebabkan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD). Tim Dinkes juga melakukan pengecekan sampai di dalam rumah, memastikan kebersihan dengan 3Mplus.
“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat tentang bahaya DBD dan cara mencegahnya,” ungkap Mohamad Rizal, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.
Tidak hanya itu saja, Dinkes juga melakukan sosialisasi tentang bahaya rabies. “Selain belum ada obatnya, saat ini juga sedang musim kawin hewan yang masuk golongan sangat berbahaya seperti anjing dan lainnya,” terangnya.
Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 60 Kepala Keluarga dan sejumlah perwakilan dari kecamatan.
Sampai saat ini, Dinkes juga gencar melaksanakan giat sosialisasi di puskesmas pada wilayah Kabupaten Banggai.
Rizal berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat bisa menjalankan petunjuk yang telah disampaikan dan terus selalu menjaga kebersihan lingkungan secara rutin. (*/Asw)