Bawaslu Rakor Konsolidasi Pengawas Pemilu se-Kabupaten Banggai

Bupati Amirudin bersama Unsur Forkopimda Kabupaten Banggai beserta komisioner Bawaslu Banggai pada pelaksanaan kegiatan Rakor dan Konsolidasi Panwas Kecamatan, Senin (25/9/2023). [DKISP BANGGAI]

LUWUK, SULTIMNEWS – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM. , AIFO menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Pengawas Pemilu se-Kabupaten Banggai pada Senin (25/9/2023).
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai dalam rangka Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2024, bertempat di Hotel Estrella, Luwuk Selatan.
Sebelum menyampaikan sambutannya Bupati Banggai mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini. Menurut beliau, acara ini bertujuan untuk memperkuat pengawasan terhadap tahapan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 yang semakin mendekat.
Pelaksanaan Pemilu tahun 2024 akan menjadi pesta demokrasi terbesar yang pernah dihadapi, dengan tantangan yang luar biasa. Tantangan yang dihadapi tidak hanya signifikan dalam hal jumlah pemilih, tetapi juga dalam hal kualitas penyelenggaraan yang harus dijaga.
“Tahun ini adalah tahun yang luar biasa untuk Indonesia. karena Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), pemilihan legislatif (DPR dan DPD), pemilihan kepala daerah tingkat satu, dan bahkan pemilihan kepala daerah tingkat dua, artinya pekerjaan yang anda lakukan adalah pekerjaan yang luar biasa,” ujar Bupati Banggai.
Ia juga berharap agar Bawaslu tetap berpedoman pada regulasi dan aturan yang berlaku dalam menjalankan tugasnya untuk memastikan bahwa pelaksanaan pemilu tahun 2024 di Kabupaten Banggai berjalan dengan lancar dan aman sesuai harapan bersama.
“Kalau misalnya dalam pengawasan bapak ibu menemukan, apalagi jika dia ASN yg coba bermain politik, maka sampaikan kepada kami, kami akan berikan sanksi seberat-beratnya”
Menurut Bupati Banggai, Bawaslu diharapkan dapat meningkatkan koordinasi, pemantauan, dan pengawasan penyelenggaraan pemilu dengan netralitas.
“Untuk spanduk-spanduk yang telah merusak tatanan kota akan kami turunkan agar terlaksananya netralitas. Kami ada di belakang bapak/ibu semua selaku pemerintah,” imbuhnya.
Adapun untuk jumlah pengawas kecamatan yang hadir pada kegiatan, yakni sebanyak 544 orang yang berasal dari 23 Kecamatan se-Kabupaten Banggai. (*)