Rapat Paripurna DPRD, Bupati Banggai : Target PAD 2,4 Triliun

Bupati Banggai Amirudin didampingi Wabup Furqanuddin bersama Ketua DPRD Banggai, Suprapto saat rapat paripurna penyampaian Pengantar Nota Keuangan RAPBD 2024, Kamis (12/10/2023). [DKISP BANGGAI]

LUWUK, SULTIMNEWS — Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM, AIFO menyampaikan bahwa Target pendapatan Daerah pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2024 ditetapkan sebesar Rp2.403.000.000.000.00 atau 2,4 triliun rupiah.

Hal itu, diungkapkan Bupati Banggai Amirudin saat menyampaikan Pengantar Nota Keuangan RAPBD 2024 dalam Rapat Paripurna DPRD Banggai, pada Kamis (12/10/2023) di Gedung DPRD Banggai.

Target Pendapatan Daerah tersebut bersumber dari Pendapatan Asli Daerah, Pendapatan Transfer, dan Lain-lain Pendapatan Daerah yang sah.

“Sebagai tindak lanjut dari nota kesepakatan antara Pemerintah Daerah dengan DPRD Tentang Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), saya sampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Banggai Tahun Anggaran 2024,” ujar Bupati Banggai.

Bupati juga menyebutkan bahwa Belanja Daerah dalam Rancangan APBD Tahun anggaran 2024 dianggarkan sebesar Rp. 2.438.873.891.780, serta Penerimaan Pembiayaan sebesar Rp.44.500.000.000.

Pada penyusunan APBD Tahun Anggaran 2024, menjunjung tinggi prinsip-prinsip yang mencakup kewenangan dan pendapatan daerah yang sesuai. Proses ini senantiasa mematuhi aturan, peraturan, dan jadwal yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku secara tertib, efisien, ekonomis, dan efektif, dengan tingkat transparansi yang tinggi serta memperhatikan rasa keadilan, kepatutan, dan manfaat utama bagi masyarakat.

Rancangan APBD juga disusun secara elektronik dan terintegrasi dengan sistem informasi pemerintahan daerah. Semua langkah ini bertujuan untuk memastikan APBD yang berorientasi pada kepentingan masyarakat dan berdasarkan prinsip-prinsip tata kelola yang baik.

Usai bupati membacakan Pengantar Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN) Banggai, agenda selanjutnya adalah mendengarkan pokok-pokok pikiran oleh fraksi-fraksi, lalu dilanjutkan dengan pembentukan panitia khusus.

Beliau berharap Nota Keuangan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2024 dapat segera disetujui bersama antara DPRD dan Pemerintah Daerah.

Rapat Paripurna DPRD tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Banggai Suprapto juga dihadiri oleh Wakil Ketua Samsulbahri Mang, pejabat Forkopimda, Anggota Dewan, serta para kepala OPD. (*)