Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Wagub Ma’mun bacakan sambutan Menteri Sosial

Wakil Gubernur Sulteng, Ma’mun Amir menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan ke 78, Jumat (10/11/2023). [Hukas Pemprov Sulteng]

PALU, LUWUK POST — Gubernur Sulwesi Tengah diwakili Wagub Ma’mun Amir bertindak sebagai inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2023. Bertempat, di Halaman Gedung Pogombo Kantor Gubernur. Jumat, (10/11/2023)

Kegiatan upacara Hari Pahlawan yang berlangsung khidmat itu turut di hadiri Unsur Forkopimda, Staf Ahli Gubernur, Asisten, Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulteng, para Veteran Sulteng, para ASN lingkup Pemprov. Sulteng serta pejabat terkait lainya

“Hari ini 10 November 2023 kita memperingati
Hari Pahlawan, hari yang sangat bermakna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Wagub Ma’mun Amir membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI Tri Rismaharini.

Selanjutnya, kata wagub, Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Menurutnya, tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Karena Indonesia dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

“Bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri,” ungkap Wagub dalam kesempatan itu.

Ia juga mereflesikan semangat keberanian para pahlawan yang hanya berbekal bambu runcing dengan berani menghadapi agresi militer oleh Belanda pada Pertempuran 10 November.

Lanjutnya, rakyat bergandeng tangan dengan para Tokoh Masyarakat, Pemuka Agama bersama laskar-laskar pemuda dan pejuang dari seantero Nusantara, semuanya melebur menjadi satu. Merdeka atau Mati!

Untuk itu, semangat yang berasal dari nilai perjuangan para Pahlawan Bangsa di tahun 1945 merupakan upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta mewujudkan masa depan yang lebih baik.

“Memang tidak mudah, tapi
pasti bisa, karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan,”ujar Wagub Ma’mun. (*)