Lukpanenteng Bangkep Menang Lomba Desa Wisata Nusantara 2023

Iluistrasi Danau Paisupok di Desa Wisata Lukpanenteng. [Foto Istimewa]

JAKARTA, LUWUK POST – Desa Wisata Lukpanenteng (Danau Paisupok) di Kabupaten Banggai Kepulauan memenangkan ajang lomba Desa Wisata Nusantara 2023 bersama 14 desa wisata lainnya dalam Kategori I, Sangat Tertinggal/ Tertinggal/Berkembang yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, .
Keputusan pemenang lomba Desa Wisata Nusantara 2023 dituangkan dalam Berita Acara Hasil Akhir Lomba Desa Nusantara 2023 dengan bernomor 1241/PDP.01.03/XI/2023 dan nomor 1242/PDP.01.03/XI/2023.
Selanjutnya peserta akan menerima penghargaan yang diberikan secara resmi pada acara Malam Apresiasi Pemenang Lomba Desa Nusantara 2023 tanggal 24 November 2023 yang akan di laksanakan bertempat di Desa Sengigi, Kecamatan Batu layar, Kabupaten Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
Atas kemenangan ini, Desa Luwuk Panenteng mengikuti jejak Desa Wisata Towale di Kabupaten Donggala, yang sebelumnya telah memenangkan lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.
Diharapkan, kemenangan ini akan mendorong semakin banyak Desa Wisata di Sulawesi Tengah untuk mengharumkan nama daerah mereka dan tentunya meningkatkan kunjungan wisatawan.
Selain menggelar Kategori I, Sangat Tertinggal/ Tertinggal/Berkembang, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, juga turut menyelenggarakan Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 Kategori II, yakni Maju/Mandiri dengan 15 desa yang menjadi pemenangnya. (*/Mjd)