Cetak Sarjana Signifikan,Bupati Banggai Apresiasi Unismuh Luwuk

Bupati Banggai, Ir.Amirudin. MM., AIFO saat memberi kata sambutan dalam momen Wisudawan Unismuh Luwuk Angkatan XXI Tahun Akademik 2022-2023, Senin, 18 Desember 2023. [Dokumentasi : SultimNews.info]

SuktimNews.info – Bupati Banggai, Ir.Amirudin.MM., AIFO menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk.

Hal ini ia sampaikan dalam momen Wisudawan Wisudawati Unismuh Luwuk, yang bertempat di Ballroom Hotel Estrella Luwuk, pada Senin (18/12).

“Di mana, Unismuh Luwuk telah berhasil menelorkan sejumlah sarjana yang cukup signifikan di daerah ini,”ujarnya Ir.Amirudin.

Menurut dia, ini merupakan hal yang sangat luar biasa, sebab dapat meningkatkan masyarakat yang sarjana di Kabupaten Banggai.

“Insya Allah, di tahun depan juga, Unismuh kembali menelorkan atau mewisuda kembali Pasca Sarjana,” ucapnya.

Sebab, banyaknya masyarakat yang sarjana, dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Kalau IPM naik, maka otomatis Dana Alokasi Umum (DAU) pun akan naik, maka kata Bupati, pendapatan daerah pun akan naik.

“Alhamdulillah, pendapatan daerah juga dari tahun ke tahun cukup baik, hal ini karena didukung oleh semua faktor,” ucapnya.

Olehnya, Bupati mengatakan, jika pada tahun 2022 pihak Pemda memberikan dana hibah kurang lebih sebesar 1 Miliar kepada Unismuh Luwuk.

Maka pada tahun 2024 mendatang, pihak Pemda bakal menaikan atau memberikan dana hibah sebesar 2 Miliar.

“Insya Allah, pada tahun 2024 jika ini memang sudah ditetapkan, kami akan kembali memberikan dana hibah sebesar 2 Miliar,”bebernya.

Dengan begitu, kata Bupati, semoga pemberian dana hibah ini dapat mengembangkan Unismuh Luwuk.

Sebab menurut dia, setiap Universitas yang berada di Kabupaten Banggai, merupakan suatu aset bagi daerah.

” Sebagaimana aset untuk menelorkan anak daerah menjadi sebagai seorang sarjana yang berpendidikan dan disamping itu menjadi aset ekonomi,”ucapnya.

Bupati juga mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati, serta orang tua yang telah berhasil mengantarkan anak-anaknya melewati satu tahapan dalam dunia pendidikan dengan berbagai macam pengorbanan serta tantangan yang tidak mudah.

“Tidak ada orang tua yang tidak bangga melihat anaknya diwisuda. Sebab anak adalah lambang kebanggaan bagi orang tua. Semoga wisuda ini bisa membawa kebahagiaan ketika wisudawan dan wisudawati kembali ke keluarga,” ucapnya. (dat)