84 Pengendara Terima “Nota Tilang”

DITILANG: Seorang pengendara sepeda motor tanpa menggunakan helm, akhirnya ditilang saat melintas di terminal Kilo 8, Desa Bubung, Kecamatan Luwuk Selatan, belum lama ini. [Foto: Istimewa]

SultimNews.info, BANGGAI- Selama sepekan Operasi Patuh Tinombala 2020, sebanyak 84 pengendara terjaring razia atau ditilang. Dari data itu, sepeda motor paling banyak—mencapai 71 pelanggaran, disusul kendaraan roda empat dan enam.

“Jenis pelanggaran itu yakni tidak meng-gunakan helm SNI sebanyak 37 perkara dan 46 perkara karena tidak bisa menunjukan SIM dan STNK serta 1 pengendara di bawah umur,” ungkap Kasat Lantas Polres Banggai, AKP Muhammad Fadhlan kepada awak media, Rabu (29/7).

Bukan hanya tilang, 29 pengendara kena teguran. Teguran diberikan karena tingkat pelanggaran bisa dimaklumi.

Fadhlan menyatakan, operasi ini tujuannya guna tercapainya Kamseltibcar lantas serta meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. “Selain penindakan, kami juga mengimbau pengguna jalan agar mematuhi protokol kesehatan yang diharapkan dapat mengurangi penyebaran Covid-19,” kata dia.

Ada tujuh prioritas penindakan pelanggaran pada Operasi Patuh Tinombala 2020 ini. Ketujuh prioritas itu yakni, pengendara tidak menggunakan helm berstandar SNI, sabuk pengaman (safety belt), melawan arus, berkendara sambil menggunakan ponsel, pengendara di bawah umur 17 tahun, melebihi kecepatan dan berkendara di bawah pengaruh alkohol. (awi)