Toko di Banggai Dibobol, Duit Rp80 Juta Raib

Tersangka pencurian saat diamankan di Polsek Batui. (Foto: Istimewa)

SultimNews.info, BANGGAI— Selama empat bulan kabur, pelarian MU (21) akhirnya berakhir di tangan Polsek Batui. Tersangka pencurian uang sebesar Rp 80 juta itu berhasil ditangkap di Desa Bonebalantak, Kecamatan Batui Selatan, Selasa (18/8/2020).

Tersangka sudah beberapa kali melakukan pencurian di salah satu toko di Kelurahan Tanobonunungan, Kecamatan Banggai, Kabupaten Banggai Laut. Awalnya, pada 6 Mei 2020, tersangka menjebol toko lalu mengambil uang sebesar Rp 30 juta.

Aksi serupa kembali dilakukan tersangka pada 25 April 2020. Kali ini, dengan jumlah besar. Uang sebesar Rp 50 juta berhasil dibawa lari.

Lalu belum lama ini, 13 Agustus 2020, tersangka kembali ke toko itu. Dia kembali berhasil menjebol toko lalu mengambil 30 slop rokok berbagai jenis.

Tanpa disadari, aksi tersangka terekam CCTV toko. Wajah tersangka terlihat jelas di monitor. Tak pikir panjang, pemilik toko langsung melapor ke Polsek Banggai Polres Banggai Kepulauan.

Kepolisian setempat mulai melakukan penyelidikan. Keberadaan tersangka akhirnya terdeteksi. Dia berada di wilayah Kecamatan Batui Selatan. Tidak pakai lama, Polsek Banggai berkoordinasi dengan Polsek Batui agar tersangka segera ditangkap.

“Kami berhasil menangkap tersangka di rumah iparnya di Desa Bonebalantak pada Selasa, 18 Agustus 2020. Sekitar pukul 16.00 Wita,” ungkap Kapolsek Batui Iptu IK Yoga Widata, Rabu (19/8).

Saat ini, lanjut Yoga, tersangka sudah diamankan sementara di sel tahanan Mapolsek Batui. Pihaknya juga telah berkoordinasi kembali dengan Polsek Banggai, agar tersangka dijemput lalu diproses sesuai hukum yang berlaku. (awi)