Wujudkan Pilkada Sehat, GMKI Temui Dandim 1308/LB

BERSAMA DANDIM: Pengurus GMKI Cabang Luwuk bersama Dandim 1308-LB, Rabu (30/9). [Foto: Istimewa]

SultimNews.info, BANGGAI- Agenda Pemilukada yang dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2020 kemungkinan besar akan berlangsung saat pandemi Covid-19. Sehingganya, isu kesehatan menjadi penting dalam proses peyelenggaraan pilkada 2020.

Pada masa lalu, pemungutan suara dikatakan sukses ditandai dengan besarnya kerumunan masa ditempat pemungutan suara (TPS). Namun kali ini akibat pandemi, kerumunan masa justru dilarang karena berpotensi penularan Covid-19 dengan klaster Pilkada.

GMKI sebagai bagian dari organisasi yang pro demokrasi, merasa penting dan bertanggung jawab untuk ikut berpartisipasi dalam mewujudkan demokrasi  yang berkualitas namun tetap patuh terhadap protokoler kesehatan.

Oleh karena itu GMKI Cabang Luwuk melakukan pertemuan dan diskusi langsung dengan Komandan Distrik Militer 1308 Luwuk Banggai Letkol Inf. Fanny Pantouw, Rabu (30/9).

Dalam pertemuan tersebut ketua GMKI Cabang Luwuk dan jajaran pengurusnya mendiskusikan beberapa hal terkait penerapan protokol kesehatan pada tahapan Pilkada dan hari H pencoblosan, sehingga demokrasi yang sehat dan berkualitas dapat terwujud, tanpa mengesampingkan protokoler kesehatan yang ditetapkan pemerintah sebagai upaya memutus penyebaran covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini.

“Ini sebagai upaya untuk menghindari terjadinya cluster baru Covid-19 pada perhelatan Pilkada serentak nanti,” ujar Ketua GMKI Cabang Luwuk, Yosafat Lakunsing.

Dandim 1308 Luwuk Banggai mengapresiasi inisiatif dari GMKI untuk berdialog langsung. Karena menurutnya, kecenderungan saat ini Covid-19 di Kabupaten Banggai akan meningkat. Oleh karena itu partisipasi dan kedisiplinan seluruh elemen masyarakat, sangat diharapkan sehingga hal yang dikhawatirkan tidak akan terjadi.

Ia juga mengatakan akan melibatkan GMKI dalam beberapa kegiatan Kodim 1308 Luwuk Banggai kedepan yang fokusnya adalah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat lain sudah dijalankan secara konsisten. (and)