Momen HUT Persaja Ke-72, Kajari Banggai Sampaikan Amanat Kejagung RI

HUT Persaja ke-72 Kejari Banggai semarakan dengan sejumlah agenda, Senin, 8 Mei 2023 [Foto/Istimewa]

SultimNews.info – Kejaksaan Negeri (Kejari) Banggai peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja) ke-72, pada Senin, 8 Mei 2023.

Dalam memperingati HUT Persaja itu, Kejari Banggai membawa tema “Sinergi dan Kolaborasi untuk Kemajuan Negeri”. Turut dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Banggai, R. Wisnu Bagus Wicaksono, yang bertindak sebagai Inspektur upacara.

Kegiatan tersebut dihadiri pula Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Banggai di Pagimana dan Bunta, para Kasi, Kasubag serta pegawai pada Kejaksaan Negeri Banggai, Cabang Kejaksaan Negeri Banggai di Pagimana dan Bunta.

Peringatan HUT yang diawali dengan upcara itu, R. Wisnu Bagus Wicaksono membacakan amanat Jaksa Agung Republik Indonesia (RI).

Di mana, sebagai sebuah organisasi profesi dan menjadi wadah bagi tempat berhimpunnya para Jaksa, dalam memupuk jiwa korsa dengan semangat meningkatkan integritas, dan profesionalisme.

Olehnya Persaja sangat dibutuhkan dalam menopang pelaksanaan perannya sebagai Jaksa maupun pada kehidupan sehari-hari.

“Sehingga setiap insan Adhyaksa, menyadari dirinya mampu menjadi teladan dan dapat memberikan contoh yang baik bagi lingkungan dimana pun ia berada,”ujarnya dalam keterangan Pres Realies Nomor: PR-  09  /P.2.11/Kph.3/05/2023.

Lebih lanjut, kata Kejari Banggai, eksistensi Persaja diharapkan mampu menjadi fasilitator dalam membentuk Jaksa sebagai abdi hukum profesional, berintegritas, berkepribadian, berdisiplin, memiliki etos kerja tinggi, penuh tanggung jawab, bermoral dan berhati nurani

Dengan begitu, dapat meminimalisir segala bentuk perbuatan tercela yang dilakukan oleh para-Jaksa. “Saya mengajak seluruh Jaksa untuk senantiasa menjalankan tugas secara profesional dan menjunjung tinggi integritas dalam tahapan penegakan hukum,”kata dia.

Terlebih, eksistensi maupun peran dalam fungsi penegakan hukum yang dilakukan Kejaksaan menunjukan tren positif, itu dapat dibuktikan dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Kejaksaan.

Bagus wicaksono menyebutkan, jika apa yang sampaikan Jaksa Agung terkait skor kepercayaan publik terhadap penegakan hukum dapat menyentuh level tertinggi, dalam kurun waktu 9 tahun terkahir berada dikisaran 80,6 persen.

 

Meski demikian, Jaksa Agung berpesan untuk jangan berpuas hati dengan pencapaian ini, karena perjuangan justru baru saja dimulai. Sebab meraih itu sulit, namun mempertahankannya akan jauh lebih sulit.

Dia menabmbahkan, jika kepercayaan yang dititipkan oleh masyarakat terhadap Kejaksaan hendaknya jangan dikhianati. “Justru  kita jaga sebaik-baiknya dengan penuh integritas, dengan cara tidak melakukan perbuatan-perbuatan tercela yang pada akhirnya akan menutupi keberhasilan yang telah dicapai hingga mencoreng marwah institusi yang kita cintai bersama ini,”tuturnya.

Informasi lainnya, dalam peringatan HUT juga, Kejari Banggai turut melaksanakan sejumlah agenda kegiatan, diantaranya dengan melakukan tasyakuran di Mushala Al-Ikhlas Kantor Kejari Banggai, selanjutnya, pemotongan tumpeng oleh Kajari Banggai yang kemudian diserahkan kepada Jaksa muda dan senior.

Terakhir, peringatan Persaja tahun 2023 ditutup dengan kegiatan Bakti Sosial serta melakukan penyerahan sembako ke Panti Asuhan Aisyiyah Luwuk. (dat)