Senangnya Anak-anak Huntara Terima HP Baru

PONSEL GRATIS: Anak-anak yang tinggal di huntara lapangan golf Talise, berjejer menunggu bantuan telepon pintar atau ponsel gratis dalam kegiatan perbankan, Polda Sulteng, Senin (19/10). [Foto Barnabas Loinang]

SultimNews, PALU– Anak-anak sekolah yang tinggal di hunian sementara (huntara) tersenyum lepas ketika melihat smartphone ada dalam kantong bingkisan. Bingkisan itu pemberian dari Perbankan, atas gagasan dari Kapolda Sulteng, Irjen A Rakhman Baso.

Kali ini giliran anak-anak yang tinggal di huntara Talise lapangan golf yang mendapat bingkisan. Huntara yang lokasinya persis bersebelahan denban lapangan golf itu, ditinggali sekitar 100 kk terdampak bencana.

Dibangun 2018, praktis hampir dua tahun para penghuninya mendiami huntara itu, dengan segala keterbatasannya. Sambil terus  menunggu janji pemerintah merealisasikan pembangunan hunian tetap.

Pembagian smartphone mengurangi derita anak-anak di huntara. Pada Senin (19/10), ada sekitar 36 anak yang mendapatkan smartphone gratis. Meskipun tidak semua anak-anak di huntara tersebut menerima, namun sedikit mengurangi beban ekonomi keluarga akibat pandemi Covid-19, yang menerapkan pembelajaran daring.

Selain smartphone, pemerintah bekerja sama dengan BUMN, menyediakan akses internet melalui wifi gratis. Bantuan tersebut diprakarsai oleh Kapolda Sulteng, A Rakhman Baso, setelah menjabat Kapolda Sulteng, dan pangkatnya naik menjadi dua bintang.

Kapolda menargetkan seluruh huntara di Palu dipasangi wifi atau layanan internet gratis. “Agar anak-anak bisa belajar dengan mudah. Orang tuanya tidak kesusahan membeli pulsa,” kata Rakhman. (bas)