Ketiga pelaku diamankan di Mapolsek Toili. [Foto: Istimewa]

SultimNews.info, BANGGAI— Jauh-jauh dari Sumatera Selatan (Sumsel) ke Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah hanya untuk melakukan penipuan. Itu dilakukan tiga pria asal Kota Libuk Linggau dengan modus menawarkan freezer es krim kepada sejumlah pedagang di Kecamatan Toili.

Pelaku yang belakangan diketahui berinisial AT (36) , CDR (34) dan ATN (33), itu, akhirnya berurusan dengan pihak kepolisian. Mereka ditangkap di jalan trans Desa Tirta Kencana, Kecamatan Toili, Kamis (26/11) sekitar pukul 13.15 Wita.

Kapolsek Toili Iptu Candra menjelaskan, tiga pelaku dengan menyewa mobil dari Kendari, Sulawesi Tenggara itu, datang ke Kabupaten Banggai lalu menyasar sejumlah pedagang di pasar rakyat Unit 12 Toili. Modus para pelaku dengan menawarkan freezer es krim merek aice. Setelah pedagang tergoda, pelaku meminta bayaran uang muka sebesar Rp 200 hingga  500 ribu.

“Para pelaku pergi, dan tidak memberikan freezer yang dijanjikan,” ungkap Candra.

Dari penangkapan itu, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa uang tunai Rp 7 juta lebih, mobil asal Sulawesi Tenggara bernomor polisi DT 1506 CH dan lima unit ponsel. Selama di Kabupaten Banggai lanjut Candra, uang hasil kejahatan tersebut digunakan untuk membeli ponsel dan memenuhi kebutuhan hidup—baik biaya perjalanan maupun makan dan menginap.

“Sekarang ketiga pelaku sudah diamankan di Mapolsek Toili untuk proses hukum,” pungkasnya. (awi)