FISIP UMLB Teken MoU dengan Pemcam Luwuk

FOTO BERSAMA: Dekan FISIP Unismuh Kisman Karinda, Camat Luwuk Arslan Lapalanti, para dosen FISIP, para kepala desa foto bersama di Kantor Camat Luwuk, Senin (15/2). [Foto: Istimewa]

SultimNews, BANGGAI-Rencana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) untuk melakukan kerjasama dengan pemerintah kecamatan (Pemcam) mulai diwujudkan.

Dari tiga pemcam yang direncanakan, yakni Kecamatan Luwuk, Luwuk Utara dan Luwuk Timur, salah satunya sudah direalisasikan Senin (15/2) kemarin, yakni Kecamatan Luwuk.

Penandatangan naskah Memorandum of Understanding (MoU) telah ditandatangani oleh kedua belah pihak, yakni antara Dekan FISIP UMLB Kisman Karinda dan Camat Luwuk, Arslan Lapalanti, di Kantor Camat Luwuk, kemarin.

Dekan FISIP UMLB, Kisman Karinda menerangkan, kerjasama yang mereka lakukan ini, menyangkut bidang pendidikan, pengabdian kepada masyarakat dan penelitian. Implementasi lebih luasnya dari MoU ini, akan diatur dalam MoA yang akan diatur oleh program studi.

Yang jelas dalam skop Universitas, kerjasama ini berlaku umum. Tidak menutup kemungkinan mahasiswa lain bisa memiliki bidang apa yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Apakah bidang penelitian, pengabdian ataukah pendidikan. “Yang jelasnya ketiga bidang ini adalah Catur Dharma. Dan merupakan kewajiban bagi perguruan tinggi untuk dilaksanakannya,” jelasnya.

Kisman Karinda menambahkan, setelah penandatangan MoU ini, pihaknya akan melakukan inventarisir apa yang mendesak di desa. Sebab, antara desa satu dengan desa lainnya bisa berbeda. Sehingga pihaknya bisa mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan dalam menindaklanjuti penandatangan MoU tersebut.

Sementara itu, Camat Luwuk, Arslan Lapalanti menyatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya dari kerjasama yang dilakukan itu. Sebab, kerjasama ini bermuatan kegiatan tentang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Saya berharap, melalui kerjasama ini FISIP Unismuh bisa membantu kami di tingkat desa yang berkaitan dengan program kerja. Terutama penanganan COVID-19. Mahasiswa Unismuh diharapkan, bisa berperan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.” jelasnya. (leb)