TEMUI KEMENKUMHAM SULTENG: Bupati Sofyan Kaepa didampingi Kepala BPKAD Idhamsyah, Kepala Bagian Hukum Setda Sofyan Lans, dan Kepala Sub Bagian Bantuan Hukum Kabupaten Banggai Laut saat berkunjung ke kantor Kemenkumham Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (24/3). [Foto: Bagian Prokompi Banggai Laut]

BANGGAI LAUT, SultimNews.info- Berbicara ide dan gagasan untuk membangun Banggai Laut (Balut) dengan Bupati Sofyan Kaepa, memang tak ada habisnya. Setelah berhasil menandatangani kerja sama di bidang pendidikan, kali ini ia berencana membangun lembaga permasyarakatan (Lapas) di Banggai Laut.

Bupati Sofyan telah berkoordinasi ke Kantor wilayah Kemenkumham Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (24/3). Kedatangannya disambut langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Sulawesi Tengah, Lilik Sujandi, di ruangannya. “Silaturahmi ini dalam rangka melakukan pembicaraan mengenai perencanaan pembangunan Lapas di Banggai Laut,” ucap Bupati.

Lapas yang akan dibangun diharapkan dapat menambah kapasitas dari sebelumnya yang hanya berharap pada Lapas Luwuk. Pembangunan lapas diharapkan bisa direncanakan secara matang agar semua bisa dipertanggungjawabkan.

Kepala Kanwil Lilik Sijandi menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembangunan gedung Lapas yakni harus mengetahui terlebih dahulu latar belakang urgensi pembangunan gedung, kegunaan, pemanfaatan serta tujuannya. “Pemkab Banggai Laut bisa mendaftarkan seluruh aset dan kekayaan yang dimiliki agar tidak diakui oleh daerah lain,” jelasnya dikutip dari Bagian Prokopim Setda Banggai Laut.

Selanjutnya Kemenkumham Sulteng akan datang meninjau langsung ke Banggai Laut sebelum pembangunan Lapas dilaksanakan. “Dalam menentukan anggaran, tempat, serta tahun pembangunannya, kami akan datang langsung meninjau ke Banggai Laut,” Jelasnya

Selain itu, Lilik menyampaikan akan membuat aplikasi untuk mempermudah koordinasi. “Kami sementara mengembangkan sebuah aplikasi untuk mempermudah koordinasi dan konsultasi jarak jauh, agar tidak bolak balik hanya untuk konsultasi,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Bupati sedikit menjelaskan rute dan estimasi waktu perjalanan ke Banggai Laut. “Ada tiga rute untuk perjalanan Luwuk ke Banggai Laut, estimasi waktu perjalanannya tergantung pada rute yang dilalui”ungkap Bupati Sofyan.

Dipertemuan ini Lilik juga mendukung Bupati Banggai Laut dibidang pembangunan. Kunjungan silaturahmi ini dihadiri pula oleh Kepala Divisi Keimigrasian, dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulteng. Bupati Sofyan didampingi Kepala BPKAD Idhamsyah, Kepala Bagian Hukum Setda Sofyan Lans, dan Kepala Sub Bagian Bantuan Hukum Kabupaten Banggai Laut. (tr-02)