UMLB Terus Berbenah, Gelar Webinar Kurikulum PTMA

Kegiatan webinar pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA), di Gedung Pascasarjana, Senin (12/4). [Foto: Istimewa]

BANGGAI, SultimNews.Info– Komitmen Sutrisno K Djawa untuk mengembangkan Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) terus dilakukan. Berbagai upaya dilakukan. Salah satunya pembaharuan kurikulum yang diterapkan di UMLB.

Pada, Senin (12/4), UMLB melaksanakan webinar pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA), di Gedung Pascasarjana.

Rektor UMLB, Sutrisno K Djawa menyatakan, webinar kurikulum yang dilaksanakan itu mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Harapannya, semua program studi akan mendesain ulang kurikulum. Sehingga dapat terintegrasi dan mengacu pada SNPT, KKNI, dan MBKM,” jelasnya.

Mantan Wakil Rektor II ini menjelaskan, saat ini mendesain kembali kurikulum perlu dilakukan. Sebab, keberadaan perguruan tinggi benar-benar dituntut untuk menyiapkan lulusan yang berkompeten. Dan siap kerja, bahkan mampu membuka lapangan kerja.

Dalam penerapan kurikulum ini, akan diberlakukan, praktik mata kuliah minimal 20 persen. Setiap kegiatan praktiknya, kampus bisa bertukar mahasiswa dengan kampus lain. Misalnya, mahasiswa UMLB akan belajar ke Untad. Begitupun sebaliknya.

“Kampus juga bisa menempatkan mahasiswanya di dunia usaha. Ini dilakukan ketika mahasiswa lulus, benar-benar siap menghadapi tantangan dunia,” tandasnya.

Sementara itu, terkait pemateri yang dihadirkan dalam webinar tersebut, UMLB mengundang pemateri langsung dari Majelis Dikti Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Dan diikuti oleh semua fakultas yang ada di Kampus Hijau itu. (leb)