Prodi PBI UMLB Hadirkan Dosen Tamu Internasional dari UTM

DOSEN dari UTM, Dr Abdullah bin Mohd Nawi, saat membawakan materi academic writing kepada mahasiswa PBI FKIP UMLB secara daring, Rabu (21/4). [Foto: PBI UMLB for SultimNews.Info

BANGGAI, SultimNews.Info- Program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI),
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB), menghadirkan dosen tamu Internasional dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Dr Abdullah bin Mohd Nawi, Rabu (21/4/2021).

Asisten Dekan di UTM itu, memberikan perkuliahan berbasis aplikasi zoom kepada ratusan mahasiswa PBI. Dan dihadiri juga oleh Rektor Sutrisno K Djawa, Dekan FKIP Armin Haluti, Kaprodi PBI Mukmin, dan dosen FKIP UMLB.

Kaprodi PBI Mukmin mengatakan, dalam kegiatan tersebut, Dr Abdullah memaparkan materi tentang penulisan akademik (academic writing). Kata Mukmin, dosen tamu ini menjelaskan secara rinci bagaimana penulisan ilmiah. Seperti skripsi, disertasi, esay, dan artikel.

“Jenis-jenis karya ini masuk dalam kategori academic writing,” jelasnya, kemarin.

Selain itu, dalam kegiatan ini, jelas Mukmin mahasiswa bisa mendapatkan ilmu pengetahuan. Merea bisa menyesuaikan cara mengajar dosen internasional. Tidak hanya skala lokal.

“Paling penting kegiatan ini bisa memberikan mahasiswa pengetahuan dan pandangan baru,” katanya.

Mukmin menambahkan, hadirnya kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang sudah dibangun selama ini dengan pihak UTM. Jika tidak ada pandemi Covid-19, maka pihak akan mengirim mahasiswa PBI untuk melaksanakan kegiatan pengajaran di Malaysia.

“Sebelum pandemi, kita sudah mengirim mahasiswa ke Malaysia untuk mengajar. Tapi situasi saat tidak memungkinkan, jadi kita memutuskan untuk melaksanakan perkuliahan secara daring. Pematerinya dari UTM,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Dekan I Bidang Akademik FKIP UMLB, Muh Salahuddin menambahkan, pihaknya bersyukur dan bangga atas kegiatan tersebut. Pasalnya, baru pertama kali dilakukan berbasis aplikasi zoom dan menghadirkan pemateri dari Malaysia.

“Saya berharap kegiatan ini bisa saling mempererat hubungan tali silaturahmi antara UMLB dengan UTM, dan mahasiswa yang hadir bisa mendapatkan ilmu bermanfaat,” tandasnya. (leb)