Patroli Polsek Totikum Ingatkan Keselamatan Pelayaran di Kalumbatan

Polsek Totikum melaksanakan patroli sambang di pelabuhan desa Kalumbatan Kecamatan Totikum Selatan untuk memberi peringatan keselamatan pelayaran bagi penyedia layanan jasa transportasi laut Kalumbatan-Banggai Laut, Rabu (19/5). [FOTO : POLSEK TOTIKUM]

SALAKAN, SultimNews– Mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut di wilayah hukum Polsek Totikum, Patroli Polsek Totikum melaksanakan patroli sambang di Pelabuhan Desa Kalumbatan Kecamatan Totikum Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Rabu (19/5).

Peringatan itu disampaikan ke seluruh penyedia jasa transportasi laut Desa Kalumbatan yang melayani jasa antar jemput penumpang antar Kalumbatan-Banggai Laut. Peringatan itu berkaitan dengan kondisi cuaca musim penghujan instesitas tinggi yang terjadi saat ini.

Kanit Binmas Polsek Totikum, Bripka Siflan Tokila yang memimpin patroli menyempatkan diri, berdialog dengan para pemegang jantera (motoris) speedboat, serta para buruh di pelabuhan Desa Kalumbatan terkait kecelakaan laut dan Sitkamtibmas lainnya.

Bripka Siflan dalam dialog itu, memberi peringatan tentang kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan terjadi lakalaut. Salah satu diantaranya disebabkan oleh faktor pengangkutan jumlah penumpang yang melebihi kapastias tumpangan, serta cuaca buruk.

“Kami mengingatkan pada para motoris agar jangan sampai terjadi kecelakaan di laut karena kapasitas penumpang yang berlebihan. Jaga keselamatan dalam berlayar. Cuaca di laut tidak menentu, bisa buruk tiba-tiba” Kata Bripka Siflan Tokila

Terpisah, Kapolsek Totikum Ipda Muh. A Afif Hasibuan, STrK menambahkan, patroli di Desa Kalumbatan rutin dilakukan guna mengantisipasi gangguan kamtibmas, sehingga semua aktifitas di dermaga pelabuhan berlangsung aman dan tertib.

“Patroli Di Desa Kalumbatan rutin kita lakukan, untuk mencegah adanya gangguan kamtibmas. Tujuannya, agar aktifitas di dermaga tetap bisa berjalan aman dan lacar,” tutup Kapolsek Totikum. (Rif)