Pegiat Lingkungan Luwuk Bertandang Ke Poso

Tim EcoNusa Sail To Campus Luwuk melakukan transplantasi karang di pantai Kalamalea, Kabupaten Poso (24/5). [Foto:Istimewa]

LUWUK, SultimNews-Rombongan tim EcoNusa Sail To Campus (STC) Kabupaten Banggai mengunjungi Kabupaten Poso untuk melaksanakan agenda lanjutan kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan pemerhati lingkungan EcoNusa bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah (Unismuh), Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, Universitas Sintuwu Maroso (Unsimar) Poso serta  Universitas Kristen Tentena (Unkrit) itu, sejak hari senin (24/5).

Berdasarkan penuturan Ketua Panitia, Lady Diana Khartiono, S.Pi, M.Si, selepas melakukan rangkaian agenda di Luwuk, Tim STC yang berjumlah 20 orang berangkat menuju Poso pada hari Minggu (23/5) pukul 22.00 Wita.

Hari pertama di Poso, Tim STC melakukan kegiatan di Unsimar (24/5). Mereka disambut oleh Rektor, Ketua Senat Universitas, Wakil Rektor, Dekan Fakultas Pertanian, Biologi dan Fisip juga Ketua-Ketua lembaga serta beberapa mahasiswa Unsimar. Di kampus tersebut, dilaksanakan penandatangan Deklarasi “Pengurangan Sampah Plastik Dan Penjaga Laut”.

“Seusai deklarasi, Tim STC diajak menuju pantai Kalamalea untuk melakukan transplantasi karang bersama Kepala Dinas Perikanan, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Poso dan berbagai komunitas di Poso, salah satunya Apnea Society sebagai penggagas. Tim STC juga ikut turun dalam penyelaman di pantai Kalamalea,” ujar perempuan yang akrab disapa Lady itu.

Hari ini (25/4), Tim bergerak menuju Unkrit. Disana mereka bertemu pula dengan petinggi Universitas serta Mahasiswa untuk melakukan Deklarasi “Pengurangan Sampah Dan Jaga Danau Poso”.

“Selesai kegiatan Deklarasi, Tim diantar mengunjungi lokasi wisata air terjun, hutan pinus dan Danau Poso,” imbuh Dosen Fakultas Perikanan (Faperik) Unismuh Luwuk itu.

Ia menambahkan, acara terakhir ditutup dengan malam ramah tamah di Cafe Bukit Pamona Tentena dengan komunitas-komunitas yang ada di Poso. Dalam acara tersebut, akan ada penampilan seni dan diskusi.

“Tim STC akan kembali ke Luwuk pada hari selasa (26/5) dan teman-tema EcoNusa sendiri akan meninggalkan kota Luwuk pada hari Jumat (28/5) menuju Jakarta,” tutup Lady.(tr-05)