Selebgram Luwuk Iklankan Produk Lokal Secara Gratis

Ririn Indriani Laimu

SultimNews, LUWUK– Menjadi seorang selebgram dengan banyak followers di akun media sosial membuat si pemilik akun kebanjiran tawaran untuk iklan produk atau jasa yang dilakukan oleh pelaku usaha, karena jangkauan media sosial hari ini yang sangat luas apalagi jika jumlah followers yang sangat banyak.

Iklan dapat mereka lakukan dengan membuat video testimoni sembari memperkenalkan produk, dapat pula sebatas foto bersama barang yang didagangkan. Tentunya hal ini tidak gratis, para selebgram atau influencer mematok tarif yang disesuaikan dengan lama dan masa waktu iklan serta konsep video atau foto yang dibuat.

Berbeda dengan Ririn Indriani Laimu, anak muda luwuk yang memiliki 97.700 pengikut di Instagram sebanyak serta pengikut Tiktok sebanyak 408.000 orang ini, tidak memungut biaya bila yang mengajak kerjasama adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) milik pelaku usaha di Kabupaten Banggai.

“Walaupun fee endorse  besar, tapi saya lebih memikirkan bagaimana Instgram dan media sosial lain hari ini bisa berguna bagi orang-orang di sekitar saya. Salah satunya dengan tidak membebani orang Luwuk yang ingin mengiklankan produknya. Saya bersyukur karena orang yang mampir di media sosial saya cukup banyak, jadi kenapa tidak memanfaatkan itu untuk membantu orang,” ujar wanita yang akrab disapa Ririn itu.

Menurutnya, kesulitan produk asli daerah bersaing dengan produk luar dikarenakan informasi terkait itu yang kurang menjangkau para calon pembeli, mungkin karena pengelolaan strategi marketing secara digital yang belum maksimal. Sehingga keterlibatan influencer sosial media sangat membantu penyebaran iklan dengan lebih cepat.

“Saya coba membantu dengan cara meringankan beban UMKM apalagi yang baru memulai usaha dari sisi biaya iklan,” imbunya.

Pengaruh adalah kekuatan seorang influencer. Mereka bisa menjadi trend setter baik di skala kecil maupun besar. Oleh karena itu, banyak pemilik bisnis yang menggandeng influencer untuk mempromosikan produk berkat pengaruh mereka tersebut. (tr-05)