Antisipasi Genangan Air, DLH Banggai Bersihkan Drainase

Personel dari tim kebersihan Dinas Lingkungan Hidup membersihkan Drainase di JL. Ahmad Yani, Jumat (9/7) [Foto : Majid ]

SultimNews, LUWUK– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banggai melalui tim Kebersihan mengantisipasi luapan air di beberapa ruas jalan di Kota Luwuk dengan membersihkan drainase atau jalur air got di beberapa titik yang sering mengalami genangan air.

Kepala Seksi Bidang Sampah DLH Banggai, Ahien menyatakan kegiatan tersebut atas perintah Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Safrudin Hinelo atau yang akrab di sapa Didi Hinelo untuk secara tanggap memerintahkan tim membersihkan drainase yang berpotensi mengalami penyumbatan drainase yang berada dalam kota Luwuk.

Kegiatan tersebut dilakukan pada Jumat (9/7) di ruas Jalan Ahmad Yani dan Jalan Prof Muh. Yamin  Kecamatan Luwuk  yang di guyur hujan deras  menyebabkan genangan air, untuk itu tim kebersihan DLH secara tanggap membersihan sampah yang menyumbat drainase sehingga aliran air menjadi normal.

Ahien melanjutkan, kegiatan bersih drainase  melibatkan beberapa tim gabungan dinas diantaranya Pemadam Kebakaran  (Damkar).

“Melibatkan Damkar karena perlu penyemprotan drainase yang tersumbat karena yang menyebabkan genangan air tersebut karena bukan hanya sampah yang ikut terbawa dalam drainase akan tetapi juga tanah yang menyumbat saluran air,” jelasnya.

Ahien juga menegaskan sebenarnya kegiatan pemeliharaan rutin Drainase tersebut merupakan ranah Dinas PUPR dan Disperkimtan akan tetapi pihaknya (DLH) segera bertindak hanya untuk antisipasi agar ruas jalan tersebut tidak tergenang air dan demi kelancaran lalulintas.

Untuk antisipasi terjadi genangan, Ahien mengajak agar masyarakat disiplin membuang sampah pada tempatnya dikarenakan sampah yang dibuang sembarangan berpotensi menyebabkan penyumbatan aliran air di drainase.  (tr-03)