FKM Untika Luwuk Komitmen Tingkatkan Kompetensi Mahasiswa

Dekan FKM Untika Luwuk Ramli Bidullah

SultimNews, LUWUK-Kompetensi mahasiswa menjadi perhatian Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Tompotika (Untika) Luwuk. Karena itu, berbagai upaya pendidikan terus diberikan kepada peserta didiknya. Salah satunya, melaksanakan kegiatan Magang Puskesmas bagi mahasiswa semester enam.

Kepada Harian Luwuk Post, Dekan FKM Untika, Ramli Bidullah mengatakan, magang puskesmas ini sebagai upaya mereka untuk meningkat kompetensi mahasiswa. Para mahasiswa bisa mengenal langsung program yang ada di setiap puskesmas. “Ini juga sebagai bentuk persiapan mahasiswa. Sehingga ketika lulus dan bekerja di puskesmas, mahasiswa tidak kaget lagi. Sudah pernah beradaptasi secara langsung dengan Puskesmas,” jelas Ramli, Selasa (13/7).

Sebab, sambung Ramli, lulusan FKM yang merupakan Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM) memang disiapkan untuk bekerja di puksesmas. Untuk bisa melakukan pencegahan. Sehingganya kegiatan ini memang sangat penting untuk mahasiswa ikuti. Karena menjadi tempat untuk belajar secara langsung.

“Mereka juga bisa mengetahui manajemen dan situasi kerja di Puskesmas,” bebernya.

Selain itu, agenda magang Puskesmas juga memiliki konsep kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang mensinkronkan antara kompetensi di institusi perguruan tinggi dengan kompotensi kerja di luar.

“Saya berharap magang Puskemas salama 1 bulan ini, bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam mendapatkan pengetahuan baru. Sehingga berdampak kepada peningkatan kompetensi mahasiswa,” terangnya.

Mantan Wakil Dekan I ini menambahkan, untuk lokasi pelaksanaan magang tersebut akan dilaksanakan di enam Puskesmas, yang tersebar di Kecamatan Kintom, Nambo, Luwuk, Luwuk Utara dan Luwuk Timur.

“Setiap puskesmas kita tempatkan lima belas mahasiswa. Prosesnya nanti akan dikoordinir langsung oleh kepala puskesmas masing-masing,” tutupnya. (leb)