Kembangkan Fakultas, FKIP UMLB Jalin Kerja Sama dengan SMA/Sederajat

Dekan FKIP UMLB, Armin Haluti dan Kepala SMAN 1 Bunta, Kamaludin, melakukan kerja sama bidang peningkatan pendidikan, penelitian dan pengabdian, pekan lalu. [Foto: Istimewa]

SultimNews, LUWUK– Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) terus berupaya mengembangkan fakultas. Salah satunya, yakni melakukan kerja sama dengan sejumlah SMA sederajat yang ada di Kabupaten Banggai.

Tercatat ada 7 sekolah yang berhasil melakukan kerja sama dengan fakultas pimpian Armin Haluti itu. Pertama SMA Negeri 1 Bunta, SMAN 1 Nuhon, SMAN Masama. Lalu, SMA Muhammadiyah Luwuk, SMAN 2 Luwuk, SMKN 2 Luwuk dan MAN 1 Banggai.

Dekan FKIP UMLB, Armin Haluti menerangkan, kerja sama yang mereka lakukan ini merupakan tindaklanjut dari kerja sama yang mereka sudah bangun dengan Cabang Dinas Pendidikan Menengah Wilayah V Sulawesi Tengah.

“Kerja sama yang dilaksanakan dalam bentuk peningkatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Armin, pekan lalu.

Armin menjelaskan, kerja sama yang mereka bangun ini, tak hanya sekadar di atas kertas. Namun, akan ditindaklanjuti dengan berbagai macam kegiatan. Contohnya bidang pendidikan, FKIP akan menempatkan mahasiswa praktik di sekolah yang sudah menjalin kerja sama.

Selanjutnya, ketika sekolah membutuhkan pendampingan penyusunan instrument akreditasi, FKIP siap menyediakan pemateri dan Sumber Daya Manusianya. Begitu pun, ketika sekolah membuat pelatihan atau workshop, FKIP siap menjadi pemateri.

Kemudian, bidang penelitian, mahasiswa akan melaksanakan penelitian di sekolah-sekolah yang sudah membangun kerja sama dengan FKIP. Diarahkan ke situ.

“Untuk pengabdian, dosen-dosen wajib mengabdikan diri ke sekolah-sekolah tersebut. Misalnya sosialisasi tentang permainan olahraga yang dilaksanakan oleh prodi PJKR. Kemudian prodi Pendidikan Bahasa Inggris melaksanakan English camp. Dan prodi Pendidikan biologi tentang penataan lingkungan,” jelasnya.

Armin berharap, kerja sama yang dijalin ini bisa meningkat hubungan silaturahmi dan kompetensi sumber daya manusia. Kedepan, pihaknya akan membuka diri untuk berkolaborasi dengan sekolah yang telah bekerjasama.

“Mudah-mudahan kerjasama ini bisa terus berkelanjutan dan bisa bermanfaat (menguntung) untuk kedua belah pihak,” pungkasnya.

Selain itu, Armin juga berharap, melalui kerja sama, kepercayaan masyarakat terhadap FKIP semakin meningkat. Selain itu, mutu pendidikan terus meningkat, dan yang terakhir diharapkan, adanya peran aktif antara lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Banggai. (leb)