Bupati: Kalau Ada Kegiatan Penyerahan, Undang Kami

Bupati Bangai Amirudin Tamoreka saat menyerahkan bibit tanaman pala kepada kelompok tani desa awu dan Desa Bunga Kecamatan Luwuk Utara, Senin (04/10).[Foto: Istimewa]

LUWUK, LUWUK POST-Bupati Bangai Amirudin Tamoreka menghadiri kegiatan penyerahan bibit tanaman pala kepada kelompok tani desa awu dan Desa Bunga Kecamatan Luwuk Utara, Senin (04/10).

Adapun Jumlah bibit pala yang di serahkan kepada 1 Kelompok Tani Desa Awu sebanyak 1.500 bibit pala dan kepada 2 Kelompok Tani Desa Bunga sebanyak 5000 bibit pala.

“Kegiatan ini adalah komitmen kita bersama antara DPRD dan Pemerintah Kabupaten Banggai,” tuturnya.
Bupati mengaku, bibit yang di serahkan tersebut gratis, sehingganya jangan sampai ada oknum yang minta bayaran, karena banyak bantuan-bantuan yang di berikan kepada masyarakat akhirnya di bayar. “Seperti yang saya temukan tentang bangunan yang tidak layak huni dari Dinas Perkimtan,” ucap Bupati.

Karena menurutnya, apa yang sudah digratiskan, jangan lagi di minta bayar kepada masyarakat, begitu juga dengan kelompok-kelompok tani. “Semoga kelompok tani yang tiga ini, jangan cuma ketua kelompoknya yang ada, anggotanya tidak ada, saya harapkan ketua dan anggota kelompok bersinergi sehingga bantuan yang kami berikan itu bermanfaat dalam meningkatkan taraf hidup,” ungkapnya.

Menurut Bupati, banyak mereka temukan kelompok tani, misalnya sapi, saat diserahkan bantuan sapi 10 ekor kepada kelompok,
cuma ketua kelompoknya yang ada, anggotanya tidak ada alias fiktif, sehingganya ini yang tidak mereka harapkan. “Jangan ada yang seperti ini kedepan” tegas Bupati.
Harapnya kepada seluruh Kepala OPD, apabila ada penyerahan bantuan agar mengundangnya bersama Wabup. Karena kami ingin tahu yang mana kelompoknya dan mana orang-orangnya. Kerena yang terjadi terdahulu, sampai saat ini belum pernah ia dengar, bantuan pemerintah khususnya Sapi, ayam dan ternak lainnya itu berhasil, menjadi contoh dan bisa besar. “Yang kita harapkan, kelompok itu bisa berhasil dengan stimulus atau bantuan dari Pemerintah, bukan sebaliknya,” Jelas Bupati.

Harapnya kepada kelompok tani yang tersentuh bantuan stimulus dari Pemda Banggai bisa berhasil kedepan, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup keluarga. Kemudian yang Bupati inginkan sesuai Visi Misi yakni setiap bantuan yang diberikan, dievaluasi berhasil atau tidak. Seperti tiga kelompok yang barusan diberi bantuan bibit pala, mereka akan lihat dan evaluasi enam bulan sampai satu tahun kedepan, apakah ada hasilnya atau tidak. Dan apabila tidak ada hasilnya, akan diganti kelompoknya tahun depan.

“Apabila bantuan bibit pala ini berhasil kedepan, kami akan jadikan percontohan untuk kelompok kelompok seluruh Kabupaten Banggai, serta tugas kami selaku Pemerintah apabila nantinya berhasil, pemerintah akan mencarikan buyer atau pembeli hasil perkebunan di Indonesia, sehingga bisa di lirik,” akunya.

Bupati juga menghimbau untuk para ibu agar memanfaatkan pekarangan yang ada, karena Pemda Banggai punya program yaitu 1 juta 1 pekarangan. (*/gom)