BPOM Himbau Masyarakat Waspadai Peredaran Kosmetik dan Jenis Obat Ilegal. Simak Merk Apa Saja Yang Tak Punya Izin Edar

Ilustrasi merk produk kosmetik tanpa izin edar di wilayah loka BPOM Banggai. [zulkifli/Harian Luwuk Post]

LUWUK, LUWUK POST — Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) Banggai menghimbau agar masyarakat tak sembarangan mengunakan barang ilegal dari jenis kosmetik, minuman kopi dan obat ilegal seperti merk-merk yang tidak dikenal.

Sebagaimana disampaikan Kepala BPOM Kabupaten Banggai, Drs. Darman yang mengatakan, saat ini makin marak barang-barang ilegal yang apabila dikonsumsi dapat menyebabkan kerusakan tubuh, seperti beberapa kosmetik ilegal yang merusak kulit, untuk itu diharapkan masyarakat agar lebih berhati-berhati.

Darman menjelaskan, peredaran barang ilegal seperti Kosmetik, obat sakit gigi dan jenis kopi, telah memasuki daerah Kabupaten Banggai.

“Iya tiga jenis barang tersebut telah beredar di daerah Banggai dan masuk secara diam-diam,” ujar Kepala BPOM Banggai itu, kepada awak media ini, Rabu (9/3) kemarin.

Darman melanjutkan, bahwa ketiga jenis barang tersebut sering diedarkan antar Provinsi, bahkan lebih parah lagi disebarkan oleh orang-orang yang ingin meraup keuntungan besar.

“Hal tersebut sangatlah membahayakan masyarakat apalagi yang belum mengetahuinya,” tandasnya.

Meski demikian kata Darman, kasus tersebut telah ditangani oleh pihak BPOM, dan tak tanggung-tanggung pihaknya pun langsung membawa pelaku ke pihak berwajib untuk diproses dan dipenjarakan.

“Peredaran ini sudah sering terjadi bahkan kami sudah memenjarakan warga pengedar jenis kosmetik dan jenis obat,“ tegas Darman.

Dengan maraknya peredaran jenis barang ilegal itu, diharapkan masyarakat lebih proaktif membantu untuk melaporkannya jika mendapati peredaran merek-merek tanpa izin edar atau ilegal.

Hal ini, guna menjaga masyarakat agar tetap aman dalam mengunakan barang jenis yang ingin dikonsumsi sebagai aktifitas sehari-hari.

Berikut beberapa Kosmetik tanpa izin edar berdasarkan hasil pemeriksaan di wilayah loka di BPOM Banggai selama tahun 2021 dilansir dari akun Instagram @BPOM_BANGGAI diantaranya seperti paket NRL (Toner, facial wash, night cream dan day cream) produksi NRL Kosmetik, Collagen plus day dan night cream, La-Bella day cream dan la-bella night cream yang mencantumkan no reg BPOM fiktif. Kemudian Zam-zam whitening cream dengan merk jk. (*/tr-10)