Arus Mudik Idul Fitri 1443 H, Penumpang Tol Laut Pagimana-Gorontalo Membludak

Kondisi Arus Mudik Idul Fitri 1443 H, di Pelabuhan Syahbandar Pagimana.(FOTO : ANTO YASIN/PAGIMANA)

PAGIMANA, LUWUK POST — Kondisi terakhir arus mudik khususnya pengguna transportasi tol laut terus mengalami peningkatan, sebagaimana pantauan awak media ini pada Jumat (29/4).
Penumpang penyeberangan Tol Laut Sabuk Nusantara 59 Pagimana Gorontalo, terus bertambah.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pagimana, Nolvi Odolov kepada wartawan, menyampaikan bahwa lonjakan penumpang mudik lebaran mulai terlihat sejak H-5 lebaran baik dari pelabuhan Pagimana tujuan pelabuhan Gorontalo maupun pelabuhan Banggai.

Lonjakan jumlah penumpang meningkat hingga mencapai 225 orang terbagi dengan para penumpang kapal Ferry, sedangkan untuk kendaraan bermotor roda dua berjumlah dalam kisaran 20 unit.

Penumpang jalur transportasi Tol Laut terus mengalami kenaikan sejak H-5. [foto: Anto Yasin]
“Untuk rute perjalanan kapal selama musim mudik Lebaran, kami (Tol Laut, red) mengambil jalur yang padat penumpang, yakni jalur Pagimana-Gorontalo, dan Gorontalo-Banggai, dimana pelabuhan tersebut menjadi prioritas pelayanan,” tandasnya.

Mengenai jadwal operasional Kapal tol laut selama mudik Idul Fitri 1443 H, lanjut Novi, akan melayani pelayaran hingga sampai tanggal 1 Mei 2022 di pelabuhan Pagimana dan akan kembali melakukan pelayaran untuk arus balik mudik pada Senin (3/5) dengan tujuan pelabuhan Pagimana-Gorontalo.

Sebelum menutup pembicaraan, Novi menambahkan informasi bahwa penerapan protokol kesehatan tetap di berlakukan khususnya pengunaan masker di area pelabuhan. Dan demi mendukung hal itu disiapkan posko mudik dan tim medis yang terdiri dari personel TNI-Polri. (Anto)