KPU Banggai Umumkan Pemuktahiran DPB Triwulan III, Berjumlah 255.748 Pemilih

Anggota KPU Kabupaten Banggai, Divisi Data Atriani, Divisi Teknis Alwin Palalo dan Divisi Sosialisasi Makmur Manesa secara simbolis melakukan serah terima Data Pemuktahiran DPB Triwulan III bersama Kepala Disdukcapil Banggai, Moh. Iksan Panreli, Jumat (30/9). [foto : BakoHumas KPU Banggai]

Sultimnews.info, Luwuk — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banggai melaksanakan kegiatan Rekapitulasi dan Rapat Koordinasi tentang Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB), bertempat di Hotel Swissbellin Luwuk, Kecamatan Luwuk Selatan pada Jumat (30/9).

Salah satu komisioner KPU Banggai, Divisi Data Atriani menerangkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada hari tersebut yakni mengenai batas akhir Pemuktahiran DPB non tahapan.

“Karena setiap data pemilih yang dapat diinput ke Sidalih (sistem informasi data pemilih) mewajibkan kelengkapan administrasi kependudukan diterbitkan oleh instansi yang berwenang dalam hal ini dukcapil,” pungkasnya kepada Siltimnews.info.

Sehingga, lanjutnya, kesuksesan pemutakhiran data pemilih tidak terlepas dari bagaimana dukungan seluruh stakeholder, baik itu pemerintah maupun parpol, dalam mendukung kerja KPU melalui penyebarluasan informasi dan fasilitasi masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan sebagai syarat untuk terdaftar di Data Pemilih.

Dan tahapan data pemilu untuk pemuktahiran akan dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2022  sampai bulan Juni 2023 yaitu data pemuktahiran penyusunan yang kami tunggu dari DP4 (Daftar Potensial Pemilih Pemilu dan Pemilihan) untuk mengisonkronisasi data, guna yang nantinya petugas kami akan  turun secara langsung dilapangan.

Pengecekan data  tersebut untuk memastikan serta mengecek data pemilih  yang sudah meninggal atau yang belum terdaftar sebagai peserta pemilu.

Senada dengan Anggota KPU Banggai, Divisi Sosialisasi, Makmur Manesa juga mengharapkan dukungan semua pihak dalam teknis pelaksanaan pengecekan dilapangan oleh petugas atau tim dari KPU Banggai untuk mencocokan data yang akan kita singkronkan dengan KPU.

Lebih lanjut dijelaskan Divisi Teknis, KPU Banggai Alwin palalo mengenai penentuan alokasi kursi untuk mendapatkan alokasi kursi tambahan kursi di Kabupaten Banggai, agregat harus berjumlah  401.000 orang.

“Nah! kabupaten Banggai sampai bulan September kemarin belum mencapai angka tersebut ungkapnya.

Angka sampai  hari ini, ungkapnya pada semester satu yang menjadi agregat Jumlah penduduk kabupaten Banggai/kota berdasarkan data Dukcapil baru mencapai sekitar 370.000 orang, untuk itu Kabupaten Banggai belum bisa untuk mendapatkan 40 alokasi kursi.

Sedangkan Hasil Pemuktahiran DPB Triwulan III Tahun 2022 berjumlah 255.748 pemilih, dengan rincian pemilih Laki-laki berjumlah 128.999 pemilih dan Perempuan berjumlah 126.749 pemilih.

Saat ini, lanjutnya, KPU Banggai memfokus pemuktahiran data pemilih yang masuk atas kerja sama pemerintah, Dukcapil Kabupaten Banggai.

“KPU Kabupaten Banggai sebagai pengguna data penduduk bukan penghasil data penduduk,” terangnya sembari tersenyum.(tr-10)