Diharapkan UMKM se-Sulteng Bisa Meningkatkan Kinerjanya

Kadis UMKM Provinsi Sulteng, Dr. Zakir Dg Sute. [Foto/Istimewa]

SultimNews.info – Kepala Dinas (Kadis) Koperasi Usaha Kecil Micro dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Dr. Zakir Dg Sute turut memberikan peluang seluruh Dinas UMKM yang berada di bawah naungan Provinsi untuk meningkatkan kinerjanya.

Beliau mengatakan, semua Dinas Koperasi UMKM se-Kabupaten dapat memberikan peran aktif untuk mendorong setiap pelaku UKM.

Menurut orang nomor satu Dinas Koperasi UMKM Sulteng itu, ketika perekonomian Indonesia terjadi surut secara global, maka para pelaku UKM lah yang dinilai bisa menopang pereknomian.

“Hal ini, terlihat ketika pandemi Covid-19 yang sempat dua tahun, di mana, seluruh Indonesia mengalaminya, tetapi para pelaku UMKMlah yang begitu tumbuh pesat,” katanya, Minggu (22/1).

Lebih lanjut, Zakir menyebutkan, disisi lain, para pelaku UMKM wajib memiliki sertifikat halal serta perizinan atau biasa disebut untuk meningkatkan kinerjanya (NIB).

Dengan begitu, semua tentang perizinan atau NIB serta sertifikat Halal artinya para pelaku binaan Dinas koperasi dan UKM se-Sulteng, bisa lebih mudah untuk bersaing pada tingkat Nasional bahkan Internasional.

Mengenai capaian kinerja, kata Zakir, dorongan peningkatan kinerja ini, bukan hanya dilakukan Banggai saja, melainkan juga bagi Kabupaten lain, terlebih kerja keras dalam pembelajaran.

“Seperti peningkatan terhadap Kedisiplinan, tekun dalam meningkatkan UMKM yang ada di daerahnya masing-masing,”cetusnya.

Sebab, ada beberapa Kabupaten lain berdasarkan grafik yang belum memaksimalkan pelaku UMKM, sehingganya, pemerintah daerah disarankan lebih memperhatikannya.

“Seperti Kabuputen Banggai Kepulauan, Kabupaten Morowali, kabupaten Morowali Utara, kabupaten Tojo Una-Una dan Kabupaten Boul lebih bisa meningkatkan kinerja dalam UMKM ,”tutupnya. (tr-10)