Hampir Separuh Pemukiman Warga Kalumbatan Terendam Banjir Rob

Kondisi terkini, Banjir Rob di Desa Kalumbatan Kecamatan Totikum Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Senin (23/1/2023). [FOTO : ISTIMEWA]

SultimNews.info – Banjir Rob yang melanda hampir seluruh kawasan pesisir Indonesia, juga ikut dirasakan masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan.

Salah satu desa yang bisa dikatakan setiap tahunnya menjadi langganan Banjir Rob di Bangkep, yaitu Desa Kalumbatan Kecamatan Totikum.

Kali ini, warga Desa Kalumbatan kembali dibuat kesulitan akibat fenomena tersebut.

Bahkan, informasi yang dihimpun media ini, Senin (23/1) menyebutkan, banjir tersebut menutupi hampir separuh daratan pemukiman warga.

Informasi serupa dibenarkan Roni P. Muhammad, Kepala Desa setempat. Ia mengatakan, mulai dari areal pasar, banjir meluas hingga ke Masjid besar (Al-Hijrah).

“Banjir melebar mulai dari area pasar hingga ke Masjid besar, Al-Hijrah Desa, dengan ketinggian rata-rata di atas mata kaki orang dewasa,” kata dia.

Banjir melebar mulai dari area pasar hingga ke Masjid besar, Al-Hijrah Desa, dengan ketinggian rata-rata di atas mata kaki orang dewasa.

Akibatnya, sebagian pondasi sebagian rumah warga ikut terendam. Hingga kini, media ini belum mendapat informasi pasti berapa jumlah rumah yang terendam.

Bahkan beberapa jembatan timbunan yang menghubungkan rumah-rumah warga yang ada di laut dengan daratan ikut terendam.

Luapan banjir mulai meluas hingga ke daratan, telah dirasakan warga sejak dua hari sebelumnya.

Kepala Pelaksana BPBD Bangkep, Saprin K. Piter kepada media ini memastikan bahwa pihaknya telah meneruskan himbauan BMKG terkait Banjir Rob sejak Desember 2022 lalu.

Sudah ada himbauan dari bulan Desember ke seluruh kecamatan di banggai kepulauan,” kata Saprin. (Rif)