Tahun Ini Mahasiswa Unismuh Luwuk Mengikuti Program Mengajar Kemenristek Terbanyak

Momen pelepasan 51 mahasiswa Unismuh Luwuk turut mengabadikan foto bersama, Jumat, 17 Februari 2023. [DOkumentasi : Humas Unismuh Luwuk]

SultimNews.info – Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Luwuk, Dr. Sutrisno K Djawa secara resmi melepas 51 mahasiswa yang mengikuti program  kampus mengajar oleh Kemenristek Dikti, pada Jumat, 17 Februari 2023.

Pelepasan tersebut diikuti oleh  mahasiswa dari berbagai fakultas, yang berlangsung di ruang Pasca Sarjana Unismuh Luwuk.

Rektor Unismuh Luwuk, Dr. Sutrisno k Djawa mengungkapkan, bahwa saat ini kampus tengah mengalami peningkatan yang signifikan dalam rangka keikutsertaan program kampus mengajar.

Jika sebelumnya kata Rektor, pada tahun 2022 pihak Unismuh hanya mengutus satu orang saja.

“Tahun 2022 lalu kita hanya mengirim satu peserta saja, namun kali ini pesertanya meningkat pesat sampai 51 mahasiswa. Ini sangat luar biasa,” ujarnya Rektor, dalam sambutannya.

Ia menyampaikan, Unismuh Luwuk merupakan kampus  yang terdaftar di LL-DIKTI Wilayah XVI dengan peserta terbanyak dalam program ini.

Hal tersebut, membuktikan bahwa Unismuh Luwuk mampu bersaing dengan 4000 Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Kampus Mengajar, AbdulRabbi Arasul mengatakan, program ini juga merupakan salah satu dari 8 program MBKM, yang mendapatkan pengakuan Recognisi serta konversi maksimal 20 SKS.

“Jadi program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkuliah satu semester diluar kampus,” katanya.

Lebih lanjut, mahasiswa diberikan kesempatan untuk bermitra dengan para guru, guna meningkatkan mutu pendidikan di sekolah yang akan dituju.

Sekaligus mengembangkan strategi atau model pembelajaran yang inovatif sesuai keilmuannya.

“Sehingganya para mahasiswa nanti bukan hanya untuk mengganti peran para guru, tapi bermitra untuk membantu para guru untuk mengembangkan mutu pendidikan di sekolah sesuai kelimuan masing-masing mahasiswa,” jelasnya.

Selain itu, mahasiswa yang mengikuti program ini juga diberikan biaya hidup selama satu semester sebesar satu juta dua ratus per bulannya oleh negara.

Disamping itu, dari 51 mahasiswa Unismuh Luwuk yang mengikuti program kampus mengajar ini, masing-masing berasal dari Fakultas Hukum sebanyak 2 orang, Fakultas Ekonomi 7 orang, Fakultas Perikanan 1 orang, Fakultas Agama 7 orang, FKIP 34 orang.

Mengenai penempatan,  mahasiswa di tempatkan di sekolah PAUD, SD/MI dan sederajat, SMP/MTs dan sederajat di wilayah Indonesia.

Sementara Untuk para mahasiswa Unismuh Luwuk sendiri ditempatkan di sejumlah Kecamatan yang berada di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan. (*/dat)