Ini Tanggapan Akademisi Tentang Incumbent Tak Pernah 2 Periode

Dr Hamdin Husin, MM, Akademisi

Sultimnews.info, Luwuk — Selama perhelatan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Banggai secara langsung yang mulai dilaksanakan secara serentak pada Tahun 2005 silam, masih menyisakan rekor yang belum terpecahkan. Reko tersebut tentang belum adanya incumbent atau petahana yang melanggengkan kekuasaan selama 2 periode berturut-turut.

Menanggapi hal tersebut, Dr. Hamdin Husin MSi selaku akademisi pun turut memberikan komentar dengan menyebutkan bahwa hal tersebut bukanlah sebuah mitos.

Dr Hamdin Husin, MM yang saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor III Biro Administrasi Kemahasiswaan Universitas Tompotika (Untika) Luwuk Kabupaten Banggai menyebutkan, walaupun pernah terjadi di Kabupaten Banggai, akan tetapi tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.

Menurutnya, hal itu tidak dapat digeneralisasi sebab Pemilukada secara langsung masih akan terus berlangsung.

Hal itu bukanlah mitos, tidak menjamin secara akademisi. Karena butuh kajian secara ilmiah dan menjadi pembanding pelaksanaan Pilkada didaerah-daerah lain.

“Sebab yang menjadi kekuatan saat ini adalah kepempimpinan yang benar-benar memiliki program kemasyarakatan. Sama halnya ketika program Petahana yang tidak sampai dan menyentuh kemasyarakatan maka tinggal tunggu saja waktunya kejatuhan dan masyarakat tidak akan percaya kembali,” pungkasnya pada Selasa (21/2/2023).

Dan partai politik saat ini lagi meracik konsep mumpuni dan menunggu hasil pileg untuk mencoba mengatur strategi dalam perhelatan pilkada kedepan.

“Jadi mereka masih menunggu hasil pileg terlebih dahulu,” imbuhnya.

Mereka (Parpol, red) masing-masing membutuhkan mesin politik yang bisa mempertahankan basis yang ada.

“Jadi hal itu bukanlah sebuah mitos, walaupun itu pernah terjadi di daerah kita sendiri selama helatan pilkada,” tegasnya mengulang pendapatnya. (*/tr-10)