Tim Pokja Pemkab Banggai Lakukan Peninjauan Kawasan Sungai Soho

Giat Tim Pokja SDA Setda Banggai saat melakukan peninjauan lapangan hulu ke hilir di kawasan bantaran Sungai Soho, Selasa (28/2/2023). [Foto : Istimewa]

Sultimnews.info, Luwuk — Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai melalui Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setda Kabupten Banggai membentuk tim gabungan yang terdiri dari OPD Teknis, yakni BPBD, DLH dan personel Koramil serta Polsek Luwuk bersama sejumlah kelompok masyarakat untuk melakukan peninjauan langsung di lapangan terkait fenomena alam, Sungai Soho yang mengering tiba-tiba.

Tim yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) tersebut mulai melakukan penelusuran Sungai Soho pada Selasa (28/2/2023).

Berdasarkan keterangan Kepala Bagian SDA Setda Banggai, Dr. Sunarto Lasitata mengungkapkan, bahwa Tim Pokja telah melaksanakan peninjauan lapangan. Hanya saja mengenai hasilnya masih menunggu laporan tertulis serta rekomendasi teknis dari beberapa UPT dan OPD.

“Dalam giat peninjauan lapangan tersebut, Pokja dibagi dalam 2 tim. Dimana tim yang pertama melakukan tinjauan di bantaran Sungai Soho, selanjutnya, tim kedua melaksanakan peninjauan yang dimulai dari hulu sampai ke hilir di tempat terjadinya kekeringan.

Penelusuran hulu berjarak kurang lebih 2 km sampai ke lokasi Tangkapan Air Perumda Air Minum (Perumdam) Banggai.

Sunarto menegaskan pentingnya peninjauan dalam mengumpulkan data di lapangan agar dapat mengetahui penyebab fenomena Sungai Soho yang mengering tiba-tiba.

Selanjutnya, tim Pokja akan memberikan laporan tertulis, terdiri dari laporan perjalanan dan hasil observasi tim di lapangan.

Saat ini, langkah yang segera ditempuh pemerintah, yakni mengeluarkan rekomendasi untuk menjaga dan melakukan reboisasi penghijauan di sepanjang bantaran sungai, baik di bagian sisi kiri dan kanan sungai Soho, dengan lebar masing-masing sisi 100 meter.

“Sedangkan untuk mencegah perambahan hutan untuk membuka kebun, akan dilakukan sosialisasi serta crosscutting program antara Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai dalam melakukan reboisasi,” terangnya.

Sebelumnya, Fenomena Sungai Soho yang mengering tiba-tiba pada Minggu (24/2) turut mendapatkan perhatian serius Bupati Banggai, Amirudin yang dalam kesempatannya meninjau kondisi sungai Soho, yang secara sigap memerintahkan jajarannya untuk menindaklanjuti fenomena alam tersebut. (*/tr-10)