Dandim 1308 Banggai, Letkol Inf Hermanto Pimpin Jajarannya Lakukan Aksi Penanaman Mangrove Nasional

Dandim 1308/LB Letkol Inf Hermanto bersama jajarannya dan unsur Forkopimda Banggai saat melaksanakan penanaman 1.190.000 bibit mangrove di pantai Makakata, Kecamatan Batui, Senin, 15 Mei 2023. [Foto/Istimewa]

SultimNews. info – Di bawa kepimpinan Dandim 1308/LB Letkol Inf Hermanto bersama jajarannya turut serta melakukan penanaman mangrove nasional secara serentak di pantai Makakata, Kecamatan Batui, Banggai, pada Senin, 15 Mei 2023.

Informasi yang berhasil dihimpun awak media ini, penanaman mangrove secara serentak yang dilakukan di seluruh Indonesia, itu, membawa tema “Mangrove For Better Life”.

Penanaman mangrove serentak juga dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. Joko Widodo (Jokowi).

Disebutkan, kegiatan berlangsung dengan menggunakan Alat komunikasi (Alkom) video conference (Vidcon) pada pukul 17.10 Wita. Selanjutnya, pukul 17.20 Wita, jajaran Kodim 1308 turut serta melaporkan kesiapan penanaman mangrove masing-masing wilayah secara serentak.

Sambil menunggu kedatangan Presiden RI Joko Widodo tiba di Blok D melalui tampilan Alkom Vidcon.

Setibanya Presiden RI pada pukul 17.50 Wita, Joko Widodo bersama Panglima TNI dan para Kabinet melaksanakan atau memulai penanaman mangrove serentak seluruh wilayah Indonesia.

Usai melaksanakan penanaman, kegiatan dilanjutkan dengan mengikuti Vidcon bersama Presiden RI dan seluruh jajajran TNI se-Indonesia.

Sekaligus, dilakukannya penyerahan Tali Asih oleh Presiden RI kepada karyawan dan masyarakat sekitar. Hingga dengan selesai, kegiatan tersebut berjalan lancar dan aman.

Sebagai informasi, Jumlah mangrove yang ditanamai secara serentak itu berkisar 1.190.000 bibit, jumlah total bibit tersebut termasuk yang berada di wilayah Kecamatan Batui.

Hal ini, bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi atau pengikisan dan menjaga ekosistem pantai. Menariknya, dalam pelaksanaan kegiatan ini mendapat penghargaan atau rekor muri.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan di Kecamatan Batui, Dandim 1308/LB Letkol Inf Hermanto, Kapolres Banggai, AKBP Ade Nuramdani, Kajari Banggai, Raden Bagus Wicaksono, Danpos AL Luwuk Letda Laut Indi Asropi. Kemudian Ketua DPRD Banggai Suprapto bersama unsur Forkopimda Banggai dan Forkopimcam Batui hingga masyarakat. (dat)