Peringati Hari Donor Darah Sedunia, Pertamina EP Donggi Matindok Field Ajak Pekerja dan Mitra Kerja Berpartisipasi Donor Darah

Momen peringati hari Donor Darah Sedunia yang dilaksanakan oleh Pertamina EP Donggi Matindok Field, Rabu, 14 Juni 2023. [Foto : Humas Pertamina EP Donggi Matindok Field]

SultimNews.info – Dalam rangka memperingati hari Donor Darah Sedunia, Pertamina EP Donggi Matindok Field menggelar aksi sosial donor darah bersama seluruh pekerja dan mitra kerja.

Kegiatan ini berlangsung di Versatille Hall Matindok Field, pada Rabu 14 Juni 2023, bertajuk “Setetes Darah Kita, Sejuta Harapan Untuk Saudara Kita”.

Program yang diinisiasi Bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banggai ini, mendapat respon yang sangat positif dari para pekerja dan mitra kerja.

Betapa tidak, antusias kegiatan tersebut diikuti oleh 123 orang dan turut berpartisipasi untuk memeriahkan kegiatan hingga menyumbangkan darahnya.

Sebagai perusahaan yang tergabung dalam subholding Upstream Regional Indonesia Timur, turut mengajak seluruh pekerja dan mitra kerja untuk berpartisipasi dalam hari peringatan tersebut.

Kegiatan ini merupakan momen berharga bagi para pendonor, dimana, mereka berkesempatan untuk menyumbangkan kehidupan kepada orang lain.

Selain itu, perayaan atau peringatan yang dideklarasikan oleh World Health Assembly ke–58 pada Tahun 2005, kerap menjadi acara global setiap tahunnya.

Para pekerja dan Mitra kerja yang sedang melaksanakan donor darah. [Foto : Humas Pertamina EP Donggi Matindok Field]
Tujuannya, untuk meningkatkan rasa kesadaran, akan pentingnya donor darah dan membangun kepedulian hingga solidaritas bagi sesama.

Disebutkan pula oleh Pertamina, bahwa kegiatan ini bertemakan “Give Blood, Give Plasma, Share Life, Share Often”.

Kegiatan ini juga menjadi penyemangat bagi pekerja dan Mitra kerja Pertamina EP Donggi Matindok Field.

Sebab, setetes darah yang disumbangkan oleh pihaknya, guna memberikan sejuta harapan untuk saudara ataupun mereka yang membutuhkannya.

HSSE Superintendent Donggi Matindok Field, Abdul Syakur menyampaikan, ini adalah kegiatan mulia yang menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu menambah ketersediaan stok darah di PMI Banggai,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan donor darah yang digelar oleh Pertamina EP Donggi Matindok, juga menjadi kegiatan secara rutin, yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali, baik dilakukan oleh Donggi Maupun Matindok Field.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan PMI Kabupaten Banggai, Nurlela Latempoh turut mengapresiasi langkah perusahaan yang mendukung ketersediaan stok darah PMI.

“Hal ini sangat penting mengingat keadaan darurat bisa saja terjadi sewaktu-waktu, jadi kecukupan stok betul-betul dipersiapkan,”ucapnya.

Donggi Matindok Field Manager, Ridwan Kiay Demak mengungkapkan, melalui kegiatan ini, Pertamina EP Donggi Matindok Field mengaplikasikan Core Values BUMN yakni AKHLAK.

“Dimana Perusahaan senantiasa berkomitmen untuk menebar manfaat bagi masyarakat sekitar. Apalagi, dalam pelaksanaan kegiatan berarti banyak nyawa hari ini terselamatkan”, ungkapnya.

Sebagai informasi, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, sebelum melakukan donor darah, semua peserta wajib melakukan screening kelayakan sebagai pendonor.

Para peserta pun juga mendapat beberapa tips agar tetap fit setelah melakukan donor darah, diantaranya, tidak melakukan aktivitas berat selama 5 jam setelah donor.

Kemudian tidak bekerja dalam kondisi cuaca yang terik, terkahir, memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur yang kaya akan zat besi dan vitamin, serta memperbanyak minum air putih.

Selain itu, semarak dalam kegiatan pula, para peserta juga mendapatkan merchandise menarik dari kegiatan ini. (dat)