DPRD soroti kinerja OPD, minta Bupati segera tindaki

Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Suprato N saat menyerahkan Dokumen rekomendasi LKPJ kepada Bupati Amirudin. [Harian Luwuk Post]

Sultimnews.info, Luwuk — Ketua DPRD Kabupaten Banggai, Suprapto N menyampaikan sorotan mengenai kinerja sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Banggai yang selama ini belum bisa maksimal dilapangan.

Seharusnya, menurutnya, dengan diberikannya Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang sudah cukup besar, para OPD seyogyanya mampu meningkatkan kinerjanya.

“Sebagai anggota dewan kami mengevaluasi kinerja OPD di lapangan, dan demi memaksimalkan kinerja, kami pun turut memberikan sejumlah masukan kepada Bupati Banggai untuk segera mengevaluasi OPD, yang terkesan malas-malasan dalam hal meningkatkan kinerja,” tegas Suprapto kepada pewarta di ruangan kerjanya, Selasa (27/6/2023).

Bahkan lanjut beliau, sejumlah program -program OPD yang sangat dibutuhkan masyarakat tidak terakomodir di lapangan.

“Seharusnya dengan adanya TPP yang telah diberikan, berbanding dengan peningkatan kinerja OPD untuk lebih maksimal,” tandasnya.

Prapto sapaannya berharap dengan adanya masukan yang diberikan oleh Lembaga DPRD kepada bupati, dapat langsung di tindaki sesegera mungkin, agar kedepannya program pemerintah bisa maksimal.

Mengenai serapan anggaran OPD, lanjut beliau, bahwa ekspektasi DPRD Banggai serapan anggaran OPD juga harus lebih ditingkatkan,

“Jangan sampai DPRD juga dianggap gagal dalam menjalankan peran dan fungsinya,” tandasnya.

Prapto mengungkapkan, mengenai kritikan pedas lembaga legislatif kepada eksekutif dilakukan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Banggai.

“Kenapa harus agak keras semua itu dilakukan semata mata untuk kepentingan masyarakat kabupaten banggai,” tutupnya. (TR-10)