Bunda PAUD Kabupaten Banggai Ir. Hj. Syamsuarni Amirudin, SE., MM., mengunjungi SD Negeri Pembina Luwuk, Rabu (23/8/2023). [DKISP BANGGAI]

LUWUK, LUWUK POST – Bunda PAUD Kabupaten Banggai Ir. Hj. Syamsuarni Amirudin, SE., MM., bersama Pokja Bunda PAUD Banggai mengunjungi SD Negeri Pembina Luwuk, Rabu (23/8/2023), untuk menyosialisasikan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Bunda PAUD se-Indonesia yang dihadiri oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Medikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, Juni 2023 lalu.

“Hasil rakon Bunda PAUD se-Indonesia di Jakarta lalu, mengamanatkan kami menggencarkan sosialisasi Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan,” ujar Bunda PAUD.

Dalam kunjungannya, Syamsuarni mengingatkan para guru bahwa tes membaca, menulis, dan menghitung (calistung) tidak lagi menjadi syarat dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah dasar. Hal itu merupakan salah satu poin yang termuat dalam Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

Selain itu, gerakan ini juga mendorong satuan pendidikan agar menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama 2 minggu pertama di SD kelas awal. Selanjutnya, menerapkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dengan fokus kepada kompetensi fondasi anak.

Terkait calistung, Bunda PAUD berharap pihak sekolah dasar dapat memahami dan mendukung kebijakan ini. “Untuk itu, sosialisasi ini kami gencarkan agar tidak terjadi miskomunikasi antara pihak SD dan PAUD,” ujar Syamsuarni.

Dalam kunjungan tersebut, Bunda PAUD juga mengunjungi dan melihat langsung proses pembelajaran siswa di kelas.

Sosialisasi Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan akan dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Banggai. (*)