DIMENTORI BUPATI AMIRUDIN, KEPALA DISKOPUKM BANGGAI SUKSES PRESENTASIKAN PROGRAM INOVASI UMKM DAERAH

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin MM.,AIFO menjadi mentor Kadiskopukm Helena Padeatu pada kegiatan ujian seminar rancangan proyek perubahan reformer yang dilaksanakan bertempat di BPSDM Propinsi Jawa Timur, Senin (2/10/2023). [Foto : Istimewa]

JATIM, SULTIMNEWS – Kepala Dinas Koperasi dan UKM (DISKOPUKM) Kabupaten Banggai, Helena Padeatu, SH.,M.Hum berhasil mengikuti ujian Seminar Rancangan Proyek Perubahan Reformer yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat. Seminar ini berlangsung di BPSDM Provinsi Jawa Timur pada Senin (2/10/2023).
Acara ini merupakan bagian dari pelaksanaan Diklat PKN Tingkat II. Dimana Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin MM., AIFO, hadir sebagai mentor untuk mendukung dan memperkuat gagasan inovasi reformer, yang diwakili oleh Kadiskopukm Helena.
Pada kesempatan tersebut, Helena mempresentasikan program inovasi UMKM daerah dengan judul ‘Galeri Online Bangga Banggai Menuju UMKM Go Online Indonesia’.
“Inovasi ini bertujuan untuk memasarkan produk-produk UMKM binaan Diskopukm Banggai secara global dan masif sehingga dapat dikenal lebih luas. Selain itu, juga menyajikan layanan kemudahan akses informasi serta jual beli dengan memanfaatkan teknologi digital,” jelas Helena melalui WhatsApp pada Rabu (4/10/2023).
Helena berharap bahwa dengan adanya inovasi ini, UMKM Banggai dapat berkompetisi secara global dan memberikan efektivitas untuk menggerakkan perekonomian masyarakat Kabupaten Banggai. “Output dari program inovasi ini adalah aplikasi digital berbasis website yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh lapisan masyarakat,” tegasnya.
Perlu diketahui bahwa Dinas Koperasi dan UMKM Banggai yang dipimpin oleh Helena Padeatu adalah salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten yang selalu aktif menciptakan inovasi untuk meningkatkan kemampuan Koperasi dan UMKM. Hal ini dilakukan melalui berbagai program kegiatan pelatihan bagi pelaku dan anggota Koperasi serta UMKM Kabupaten Banggai.
“Berkat arahan dari Pimpinan Daerah dan implementasi Visi Misi Bupati Banggai di bidang ekonomi melalui sektor Koperasi dan UMKM daerah, kami telah melahirkan berbagai inovasi yang bertujuan untuk kemajuan daerah,” tutupnya. (*/ASW)