Banggai Ditetapkan Menjadi Daerah Transmisi Lokal Penyebaran Covid-19

SultimNews, LUWUK-Sebanyak 11 kasus terkonfirmasi positif yang berasal dari klaster PT Panca Amara Utama (PAU) dikabarkan membuat Kabupaten Banggai ditetapkan menjadi daerah transmisi lokal penyebaran Covid-19.

Penetapan ini dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia pada 6 Agustus 2020 lalu. Banggai adalah daerah keempat di Sulawesi Tengah yang ditetapkan sebagai daerah transmisi lokal setelah Kabupaten Buol, Kota Palu dan Kabupaten Poso.

Kabupaten Banggai jelas tertuang dalam daftar wilayah Indonesia dengan transmisi lokal yang diupload melalui website resmi Kemenkes; covid19.kemkes.go.id.

Sejauh ini, kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Banggai berjumlah 29 orang. Dari data itu, 11 orang merupakan klaster PT PAU (1 orang meninggal). Sedangkan 18 orang sudah dinyatakan sembuh.

Pasca-ditetapkan Kabupaten Banggai sebagai daerah transmisi lokal, Pemda Banggai Kepulauan (Bangkep) mengimbau seluruh lapisan masyarakat agar lebih meningkatkan kesadaran penerapan protokol kesehatan.

Imbauan itu disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangkep Arabia Tamrin, Selasa (11/8), menyusul ditetapkannya Kabupaten Banggai sebagai salah satu daerah transmisi lokal oleh Kementerian Kesehatan pada 6 Agustus lalu.

“Secara geografis Banggai berdekatan dengan Bangkep. Jadi sudah sepantasnya kita mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Dia menegaskan, penerapan protokol kesehatan adalah langkah efektif untuk memutus mata rantai infeksi virus korona. Diketahui, transmisi lokal adalah paparan virus dari masyarakat daerah itu sendiri.

Sehingga berbagai ancaman penularan bisa lebih berpotensi. Karena itu, Pemda melalui Gugus Tugas masih terus memperketat kontrol di sejumlah titik pintu masuk Peling, terutama di pelabuhan.

“Kebijakan itu akan selalu dilaksanakan sampai dengan berakhirnya pandemi,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, dia juga menginformasikan kondisi terkini Bangkep seputar kasus Covid-19 update Selasa 11 Agustus. Kata dia, tidak ada terlapor tambahan kasus baru suspek, probable atau konfirmasi. Sedangkan pelaku perjalanan yang telah selesai masa isolasi terus bertambah, yakni sebanyak 15.098 orang.

“Diharapkan masyarakat selalu pro aktif dalam upaya pencegahan Covid serta senantiasa menaati anjuran pemerintah,” pungkasnya. (awi/iman)