Untika Luwuk Mewisuda 396 Sarjana S1, Ini Pesan Rektor

KUKUHKAN: Rektor Untika Luwuk, Musdar Amin saat mengukuhkan salah seorang wisudawan di Hotel Estrella Luwuk, Kamis (21/1). [Foto: Kaleb Sayo]

SultimNews, BANGGAI-Universitas Tompotika (Untika) Luwuk sukses melaksanakan wisuda ke-XXVII di Hotel Estrella Luwuk, Kamis (21/1). Acara sakral tersebut diikuti oleh 396 wisudawan dan wisudawati jenjang Sarjana Strata Satu (S1).

Rektor Untika Luwuk Musdar Amin menyatakan, prosesi wisuda tersebut diikuti oleh tujuh fakultas. Mulai dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 116 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 45 orang, Fakultas Ekonomi 74 orang, Fakultas Hukum 54 orang, Fakultas Teknik 16 orang Fakultas Pertanian 35 orang dan Fakultas Kesehatan Masyarakat 56 orang.

Dengan demikian, sejak berdirinya Untika Luwuk pada tahun 2020, hingga pelaksanaan wisuda ke XXVII ini, Untika telah menghasilkan alumni sebanyak 9.624 orang sarjana.

“Kami yakin para alumni Untika yang jumlahnya cukup besar ini, telah mempersembahkan dan memberikan kontribusi yang sangat berarti terhadap bangsa dan masyarakat. Sesuai dengan kadar disiplin ilmu mereka masing-masing,” jelasnya.

Rektor menyebutkan, mulai saat ini di pundak para wisudawan dan wisudawati masing-masing terpikul beban dan tanggung jawab almamater yang cukup berat. Tapi mulia. Karena itu, keberhasilan merebut gelar sarjana SI belumlah akhir dari perjuangan membangun pribadi yang berkualitas untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara.

“Keberhasilan saudara-saudara dapat terukur serta memberi arti yang sesungguhnya, manakalah ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dapat diwujud nyatakan di dalam setiap aktifitas pengabdian yang berdampak pada kemajuan pembangunan bangsa dan Negara. Khususnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Tak hanya itu, Musdar berpesan, sebagai seorang warga Negara yang baru saja menyandang gelar sarjana, hendaknya mampu menjaga citra dan nama besar Untika Luwuk dimana pun para wisudawan berada. Setiap langkah, perilaku dan tindakan wisudawan sebagai sarjana dari Untika harus terus diwarnai dengan sifat dan sikap yang arif dan bijaksana. Serta dilandasi oleh cirri-ciri manusia yang berkualitas, menguasai teknologi, memiliki daya saing, bermartabat dan berahlakul karimah.

“Sehingga saudara-saudara akan mampu membawa pribadi untuk menjadi penuntun, panutan, suri tauladan dan tempat masyarakat bertanya serta mencari solusi berbagi permasalahan yang mereka alami dan hadapi,” tandasnya.

Diakhir sambutannya, Rektor Musdar juga menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan dan wisudawati serta kedua orang tua, yang telah bersusah payah, tulus dan ikhlas membiaya proses perkuliahan di Untika. Sehingga, dapat menyelesaikan studi dan memperoleh gelar sarjana. “Semoga setiap derap langkah pengabdian kita semua senantiasa mendapat rahmat, berkah dan ridha Allah SWT,” tutupnya. (leb)