Setelah Pemcam Luwuk, FISIP UMLB Kembali Teken MoU dengan Luwuk Utara

FISIP UMLB kembali melaksanakan kerjasama dengan Pemcam Luwuk Utara, Rabu (17/2). [Foto: Istimewa]

SultimNews, BANGGAI-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) kembali melaksanakan pendatanganan naskah Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kecamatan Luwuk Utara, Rabu (17/2/2020).

Penandatanganan MoU tersebut merupakan kali kedua dilakukan, setelah Senin (15/2) lalu. Pada edisi kali ini, FISIP UMLB melakukan kerjasama dengan pemerintah kecamatan Luwuk.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FISIP, Ade Putra menyatakan, MoU yang mereka laksanakan merupakan upaya FISIP dalam menerapkan Catur Dharma Perguruan Tinggi, yang didalamnya meliputi penelitian, pendidikan, pengabdian kepada masyarakat. “MoU ini sama dengan kegiatan yang kita laksanakan dengan pemcam Luwuk. Dan saat ini sudah ada dua kecamatan yang berhasil kita MoU-kan. Dan MoU terakhir akan kita laksanakan bersama Kecamatan Luwuk Timur,” jelas mantan wakil dekan III ini, kemarin.

Akademisi berkacamata itu menjelaskan, untuk Luwuk Utara ada beberapa desa yang menjadi bagian dari kerjasama ini. Antara lain, Desa Bumi Beringin, Boyou, Bunga, Biak, dan Desa Awu. Berbeda dengan Luwuk yang hanya melibatkan dua desa. “Sebenarnya kerjasama ini sudah kita agendakan sebelum pelepasan mahasiswa KKP. Hanya tertunda karena pandemi COVID-19,” tandasnya.

Ade menambahkan, proses kerjasama tersebut telah ditindaklanjuti dalam MoA. Ada beberapa poin yang menjadi kesepakatan untuk dilaksanakan FISIP UMLB di sejumlah desa tersebut.

Diantaranya, kegiatan KKP, studi tour, riset dosen dan mahasiswa, seminar dan lokakarya, kegiatan kemanusiaan, dan pendampingan penguatan pemerintah desa. “Kegiatan ini yang akan kita laksanakan kedepannya,” jelasnya. (leb)