Kesulitan Mendaftar Online, Silakan Datang ke UMLB

Sejumlah calon maba saat mendaftar di laboratorium komputer UMLB, belum lama ini. [Foto: Istimewa]

BANGGAI, SultimNews.Info– Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) telah membuka pendaftaran mahasiswa baru (PMB). Tahun ini, PMB-nya berbasis daring. Tak ada lagi PMB manual.

Proses PMB bisa dilakukan dimana saja. Tanpa harus ke kampus. Pendaftar cukup mengunjungi laman web https://pmb.unismuhluwuk.ac.id/ . Lalu ikuti petunjuknya.

Meski tak membuka pendaftaran secara manual, namun Kampus Hijau itu tetap menyediakan fasilitas, bagi peserta yang mengalami kesulitan saat pendaftaran. Peserta bisa datang ke kampus. Lalu diarahkan cara mendaftar yang benar.

Ketua Panitia PMB, Saink Segar menyatakan, memang tahun ini UMLB tidak membuka pendaftaran secara offline. Namun, pihaknya tetap menyediakan fasilitas bagi peserta yang mengalami kesulitan, dan belum mengerti tata cara mendaftar secara online.

“Silahkan datang saja ke kampus. Ke laboratorium komputer. Kita jelaskan cara mendaftar,” jelas Saink Segar, belum lama ini.

Saink menjelaskan, dalam proses pendaftaran PMB ada beberapa tahap yang dilalui peserta. Pertama, ketika mendaftar maka disebut peserta. Ketika sudah melakukan pembayaran, maka sudah masuk kategori calon mahasiswa baru.

Kemudian, setelah membayar dan mengirim data indentitas, mendapatkan kartu ujian, melakukan ujian dan dinyatakan lulus, kemudian mendapatkan virtual akun untuk semester, lalu melakukan pembayaran semester maka sudah berstatus mahasiswa aktif.

“Jadi tahapanya, ketika lulusan SMA/SMK melakukan pendaftaran, dia akan mendapatkan nomor virtual langsung dari BNI. Selanjutnya, melakukan pembayaran melalui M-Bangking, Kantor Pos dan ATM,” jelasnya.

Setelah melakukan pembayaran virtual, pendaftar akan mendapatkan akun dan password, untuk ke tahap selanjutnya. Yang akan dilanjutkan dengan penguploadan data peserta.

Setelah lengkap, pendaftar akan diverikasi dari tim PMB, peserta akan menjadi calon mahasiswa baru dan berstatus mahasiswa aktif.

“Tahun ini tidak ada lagi PMB luring. Semua daring. Jadi yang kesulitan mendaftar, silahkan datang ke kampus. Nanti diarahkan,” tandasnya. (leb)