Berhasil Berantas Penyakit Masyarakat, Ketua MUI Apresiasi Kinerja Polres Banggai

Zainal Abidin Alihamu

LUWUK, SultimNews– Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banggai mengapresiasi keberhasilan Polres Banggai dalam menyegel dan menyita ratusan botol minuman beralkohol tanpa izin di D’club.

Ketua MUI Kabupaten Banggai, Zainal Abidin Alihamu mengatakan, pihaknya  memberikan apresiasi kepada Polres Banggai atas kinerjanya dalam memberantas penyakit masyarakat. Salah satunya, hasil penemuan miras di D’club yang terletak di Hotel Estrella luwuk.

Zainal menerangkan, pihaknya selaku MUI Kabupaten Banggai pada prinsipnya tidak mentoleransi peredaran, mengkonsumsi dan memperjual belikan minuman keras. “Ini akan merusak mental dan akhlak generasi kita kedepan,” jelasnya kepada Harian Luwuk Post, Senin (14/6).

Karena itu, Ia berharap, Polres Banggai bisa memberikan tindakan tegas sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga, bisa menjadi efek jerah bagi yang lainya tanpa pandang bulu.

Sebelumnya, Polres Banggai menyegel dan menyita ratusan botol miras bermerek dari tempat hiburan malam D’Club Estrella Luwuk, Kelurahan Tombang Permai Kecamatan Luwuk Selatan Kabupaten Banggai, Sabtu malam (12/6).

Penindakan yang dilakukan sekitar pukul 22.00 oleh Satuan Reskrim Polres Banggai karena tempat hiburan malam ini diduga menjual minuman keras (miras) tanpa izin.

Kasat Reskrim Polres Banggai, Iptu Adi Herlambang S.T.K, S.IK  yang memimpin kegiatan itu menjelaskan, pihaknya mendapat informasi dari masyarakat tentang adanya peredaran minuman keras tanpa izin di tempat hiburan malam D’Club Estrella Luwuk.

Atas informasi itu, Unit Buser dan Unit Idik 2 Sat Reskrim yang langsung dipimpinnya bersama Kanit Idik 2 Ipda Deckha Rian S.TR.K dan Kanit Opsnal Ipda Toman Febriandi S.TR.K beserta anggota langsung mendatangi TKP.

“Laporan dari masyarakat ini langsung kita respon dengan cepat dengan mendatangi lokasi dan melakukan pemeriksaan,” ungkap Iptu Adi Herlambang.

Dari hasil pemeriksaan, sambung Iptu Adi Herlambang, ternyata pihak D’Club tidak bisa menunjukkan surat izin peredaran mirad dari instansi terkait. Kemudian tim langsung police line area tempat hiburan.

“Kita juga mengamankan soerang pira inisial JW (51) di TKP, sebagai pelakunya,” sambung Kasat Reskrim.

Adapun barang bukti yang diamankan yaitu, 267 Botol Bir Bintang, 183 Botol Bir Anker, 435 Botol Bir Guines, 6 Botol Martel, 6 Botol Chivas,6 Botol Red Label, 7 Botol Jameson, 3 Botol Macallan, 1 Botol Joger Meiffer, 1 Botol Captain Morgan, 1 Botol Jackdaniel dan 43 Botol Soju, 2 Lembar Nota/Bill dan 6 Lembar Price Botol.

“Barang bukti dan pelaku telah diamankan di Mapolres Banggai guna pemeriksaan lebih lanjut,” tutup Iptu Adi Herlambang.

Sementara itu, General Manajer Hotel Estrella Luwuk, Ario yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya tidak berkompeten menjawab konfirma awak media terkait penindakan yang dilakukan Polres Banggai tersebut. Pasalnya, D’Club bukan milik Estella Luwuk.

“Mohon maaf kami tidak berkompeten menjawabnya. Karena beda pemilik. D’club hanya menyewa tempat di Estrella,” katanya. (leb/gom)