Kondisi Jalan Lemelu-Osan Rusak Berat, Perbaikan Tak Kunjung Ada

Jalan Rusak : Kondisi rerakhir jalan yang menghubungkan Desa Lemelu dan Osan mengalami kerusakan parah. [FOTO : ISTIMEWA]

SultimNews, SALAKAN-Kondisi jalan yang menghubungkan Desa Lemelu dan Desa Osan Kecamatan Bulagi Selatan, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) kian lama, kian memprihatinkan. Meski begitu hingga kini, jalan tersebut mendapat perhatian serius dari pemerintah.

Kepada media ini, warga desa Tolo Kecamatan Bulagi, Diana, yang sempat mengakui bagaimana kerusakan jalan tersebut. Karena itu, ia menggambarkan, sebagian permukaan jalan tersebut sudah tak beraspal dan dipenuhi bebatuan kasar sepanjang kerusakannya.

“Sangat sulit dilalui masyarakat setempat. Apalagi musim hujan begini, kondisinya diperparah dengan lumpur tebal. Karena tidak ada drainase jalan. Sehingga kalau hujan, begini jelas air hujan mengalir dan merasap ke badan jalan. Bapak bisa lihat hasil foto saya di grup,” tutur Diana.

Lanjut Diana, untuk mengurangi resiko kecelakaan, warga setempat kerap bergotong-royong melakukan perbaikan semampunya dengan melakukan penimbunan pada sebagian ruas jalan berlubang. Sebab, jalan itu merupakan satu-satunya akses yang bisa dilalui.

Akibatnya, selain aktifitas perekonomian masyarakat terganggu, jalan tersebut juga seringkali mengakibatkan kecelakaan bagi pengendara.

“Kalau mau ke pasar Desa Lumbi-lumbia, Sebelum keluar ke jalan besar, masyarakat desa, Osan, Lemelu, dan Labotakandi, harus melewat jalan itu dulu,” jelas Diana

Kerusakan jalan tersebut itu telah berlangsung selama bertahun-tahun. Pemerintah dan warga setempat pun telah berulang kali mengajukan usulan perbaikan setiap musrembang kecamatan. Tapi aspirasi, belum juga terealisasi hingga sekarang. “Pastinya, masyarakat sangat berharap supaya pemerintah, bisa memberikan perhatian serius terhadap jalan itu,” tandas Diana. (rif)