Mendagri : Kabupaten Banggai Memiliki Potensi Luar Biasa

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, disela-sela kunjungannya ke Kabupaten Banggai, Sabtu (25/9). [Foto: Humas Pemda Banggai]

LUWUK, LUWUK POST-Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian mengatakan, Kabupaten Banggai memiliki potensi luar biasa, misalnya saja dari sektor pangan yang tetap bisa tumbuh positif di tengah pandemi. Di luar itu terdapat sektor pertambangan, minyak dan gas bumi, dan lainnya.

“Banyak sekali sebetulnya potensi-potensi yang bisa dikembangkan di sini, kekayaan sumber daya alam yang ada ini dapat dimanfaatkan,” ujar Mendagri, Sabtu (25/9).

Lebih lanjut, Mendagri Muhammad Tito Karnavian mendorong Pemerintah Kabupaten Banggai untuk memulihkan kondisi sektor perekonomian dan kapasitas fiskalnya. Termasuk dengan menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD), pemanfaatan potensi sumber daya alam yang melimpah di Kabupaten Banggai, dan pembukaan lapangan kerja bagi anak muda.

Mendagri menyarankan pada Bupati dan jajaran Pemkab Banggai untuk meningkatkan penguatan fiskal. “Salah satu langkahnya dengan membedah struktur PAD untuk mencapai target yang diinginkan,” tuturnya.
Di samping itu juga menggerakkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan peningkatan sumber ekonomi lainnya, termasuk kemampuan enterpreneurship kepala daerah.

Selain itu pemerintah daerah setempat juga perlu membuka lapangan kerja bagi anak-anak muda di Kabupaten Banggai untuk memajukan sendiri daerahnya ketika para investor berdatangan.

“Kita harapkan CEO-nya, direktur utamanya itu ada putra asli. Nah itu kita harapkan betul seperti itu,” harap Mendagri.

Di kesempatan yang sama, Mendagri juga mendorong Kabupaten Banggai agar melakukan testing Covid-19 secara agresif. Hal itu perlu diperbanyak untuk menggambarkan laju penularan sesuai kondisi di lapangan. Pasalnya, tidak ada satu pihak pun yang tahu kapan pandemi ini bakal usai.

“Kalau bisa, di Kabupaten Banggai juga ada PCR test, sekarang banyak dibuka PCR test itu bukan lagi monopoli pemerintah, banyak vendornya dengan harga yang terjangkau, dengan APBD, termasuk sampai ke pelatihan dan penyediaan reagen-nya,” ujarnya.

Terlepas dari keterbatasan PCR dan kendala lainnya dalam penanggulangan Covid-19, Mendagri bersyukur karena indikator pengendalian Covid-19 menunjukkan hasil yang baik, di tingkat Nasional, Provinsi, termasuk Kabupaten Banggai. Hal ini ditandai dengan menurunnya kasus positif Covid-19, dan angka bed occupancy ratio di bawah 50 persen. Selain itu, angka kematian juga turut menurun, dan angka kesembuhan mengalami peningkatan.

Diakhir arahannya, Mendagri Tito Karnavian meyakini, Kabupaten Banggai dapat bangkit dan memulihkan sektor ekonomi.

“Pak Bupati Banggai memiliki spirit dan antusiasme untuk membuat lompatan dalam membangun Kabupaten Banggai,” terangnya.
Disamping tetap mengendalikan penanganan pandemi dan menjaga ekonomi agar tetap hidup, Mendagri berharap seluruh daerah otonom itu bisa memandirikan diri. Karena Bupati Banggai backgroundnya Pengusaha, jadi pasti memahami bagaimana cara memandirikan Daerah.

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka mengucapkan terimakasih atas kunjungan kerja Mendagri dan seluruh jajaran ke Kabupaten Banggai. Karena kehadirannya memberikan banyak masukan kemudian juga petunjuk dan arahan serta memberikan motivasi dan semangat untuk terus bekerja di tengah Pandemi Covid 19 di Kabupaten Banggai. “Kedatangan bapak Menteri dan rombongan memberikan spirit bagi kami semua di Daerah,” pungkas Bupati. (gom)