Gowes ke Ampana, Taklukan Tanjakan Balingara

LUWUK, LUWUK POST-Bupati Banggai Amirudin Tamoreka bersama dengan Komunitas sepeda Luwuk dan Ampana, baru saja melakukan Gowes, Sabtu (2/10). Gowes tersebut mengambil titik start di Tugu TDCC Kecamatan Bunta dan Finish Di Hotel Lawaka Dondo Ampana Kota.

Bupati Banggai yang di kenal Hoby berolahraga, diantaranya bersepeda, melahap seluruh rute dengan perkasa, dari belokan tajam, tanjakan hingga turunan, tanjakan batu hitam dan tanjakan balingara, merupakan rute yang paling menantang yang di laluinya dengan santai. Gowes dari pukul 06.30 ini berakhir atau Finis pada pukul 01.15.

Pada gowes tersebut Bupati di dampingi oleh para asisten, kepala OPD, Lurah, serta puluhan komunitas sepeda Kabupaten Banggai dan ampana.

Ajang sepeda kali ini di gunakan Bupati Banggai untuk bersilaturahmi dan membagikan Sembako serta masker kepada masyarakat di beberapa Desa yang di laluinya, bahkan Masyarakat di Kabupaten Tojo Una Una pun, tak luput dari perhatian Bupati Banggai yakni Masyarakat Uebone Kecamatan Ampana Tete, diberikan bantuan oleh Bupati Amirudin berupa Sembako dan Masker.
Hal tersebut dilakukannya untuk mempererat serta menjalin tali silaturahmi yang kokoh antara masyarakat Touna dan Pemda Banggai,
lambaian tangan dan sapaan warga menyambut amirudin di setiap desa yang di laluinya, bahkan ia sempat acap kali turun dari sepeda untuk melayani permintaan swafoto dari masyarakat. Serta bercakap cakap dengan warga.

“Kami melakukan gowes ini untuk menjaga kesehatan, dan Imunitas Tubuh, saya senang dengan bersepeda,” tutur Bupati.
Bupati mengaku dengan bersepeda, bisa bertemu dan berbincang langsung bersama warga. Tak lupa ia menampung aspirasi dari beberapa masyarakat dari Kepala Desa. Selain ajang bersilaturahmi, mereka juga memantau dan memonitor kondisi wilayah. Tidak hanya itu, di sore hari, dilanjutkan undangan bermain Sepakbola oleh Pemda Touna, malamnya Badminton.

“Insya Allah kami siap menerima undangan tersebut, walaupun telah melakukan gowes panjang dan extreme” Kata Bupati amir.

Hamparan Sawah, Pegunungan dan Perkampungan menjadi daya tarik tersendiri dari rute Gowes Bunta – Ampana, yang merupakan jalur lintas Kabupaten yakni Kabupaten Banggai Dan Kabupaten Touna. Salah satu tanjakan pegunungan yang extreme di jalur tersebut yakni tanjakan Balingara. Karena tanjakan Balingara mempunyai sudut elevasi Kurang lebih 30 sd 45 derajat, sehingga tanjakan tersebut dianggap oleh para goweser sebagai jalur extreme.
Seperti kita ketahui bersama bahwa bersepeda merupakan Olahraga yang sangat di gemari oleh kalangan Tua dan muda di masa pandemi Covid 19 ini, untuk menjaga kesehatan dan Imunitas tubuh. (gom)